Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Discovery - Inquiry Pada Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 1 Kutorejo

Electronic Resource

Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Discovery - Inquiry Pada Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 1 Kutorejo

Khumairoh Lailatul Fadilah - Nama Orang; Riski Nur Istiqomah Dinnullah, M.Si. - Nama Orang; Yuniar Ika Putri Pranyata, M. Pd - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kutorejo yang disebabkan peserta didik tidak dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan Model Creative Problem Solving (CPS) dan Discovery-Inquiry pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kutorejo tahun ajaran 2019/2020. Model pembelajaran ini menekankan pada keaktifan peserta didik dalam pemecahan masalah.
Penelitian ini menggunakan dua kelas yang dipilih dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Kedua kelas diberikan perlakuan yang bebeda dengan materi yang sama yakni fungsi logaritma dan aplikasi fungsi logaritma. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan tes yang terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Independent Sampel T-Test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan Discovery-Inquiry pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kutorejo tahun ajaran 2019/2020 dengan diperoleh signifikansi < 0,05 yaitu 0,017 < 0,05. Selanjutnya, nilai rata-rata kelas yang menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model discovery-inquiry, yaitu dengan nilai rata-rata masing-masing kelas adalah 84,22 dan 71,78. Hal ini menunjukkan bahwa model Creative Problem Solving (CPS) lebih unggul dari pada model Discovery-Inquiry.


Ketersediaan
21344766/SB/2022KKI 510 FAD p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 KHU p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
ix, 127hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Pendidikan Matematika
Creative Problem Solving (CPS)
discovery-inquiry
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik