Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Penyesalan Soal Cerita Teorema Phythagoras Berdasarkan Teori Newman Kelas VIIIB SMP Negeri 17 Malang

Electronic Resource

Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Penyesalan Soal Cerita Teorema Phythagoras Berdasarkan Teori Newman Kelas VIIIB SMP Negeri 17 Malang

Velria Jun - Nama Orang; Dr. Sri Hariyani, M.Pd - Nama Orang; Tatik Retno Murniasih, S.Si.,M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam meyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan teorema Phytagoras di SMP Negeri 17 Malang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika, Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jumlah peserta didik 27 yang terdiri dari 17 peserta didik perempuan dan 10 peserta didik laki-laki. Instrumen peneliti divalidasi oleh validator untuk mengetahui apakah instrumen yang telah dibuat oleh peneliti sudah valid dan layak digunakan. Instrumen yang perlu divalidasi adalah berupa lembar soal tes tertulis dan pedoman wawancara. Lembar soal tes dan pedoman wawancara divalidasi oleh dua validator yaitu dosen matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang dan guru matematika SMP Negeri 17 Malang. Rata-rata skor akhir hasil validasi soal tes tertulis adalah 3,75 dan 3,83 dan berada pada kategori baik, yang berarti instrumen penelitian yang telah disusun peneliti valid dan layak digunakan. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini berupa hasil tes peserta didik dalam menyelesaikan soal teorema phytagoras dan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan peserta didik. Pada saat pelaksanaan tes tertulis, peneliti memberikan soal tes tertulis dengan materi teorema phytagoras yang terdiri dari 4 soal uraian berbentuk soal cerita. Analisis data dilakukan berdasarkan skor hasil tes, hasil wawancara dan mengacu pada indikator kesalahan berdasarkan teori Newman diantaranya: kesalahan membaca (reading errors), kesalahan memahami masalah (comprehension erros), kesalahan trasformasi (transformation errors), kesalahan keterampilan proses( process skill errors) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding errors).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik yang berkemampuan tinggi adalah kesalahan transformasi (transformation) dan kesalahan keterampilan proses (process skill). Jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik yang berkemampuan sedang adalah pada tahap memahami (comprehension), kesalahan keterampilan proses (process skill) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding) dan Jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik yang berkemampuan rendah adalah pada kesalahan membaca (reading), kesalahan memahami (comprehension), kesalahan transformasi (transformation), kesalahan keterampilan proses (process skill) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding).
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dan kesimpulan diatas saran bagi peneliti selanjutnya, kajian dalam penelitian ini masih terbatas, yaitu hanya membatas tentang jenis kesalahan apa saja yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal. kesalahan tersebut tanpa mencari tahu solusi untuk meminimalisir kesalahan- kesalahan yang terjadi, sehingga perlu adanya penelitian selanjutnya dengan kajian yang lebih mendalam untuk memberikan solusi dari kesalahan yang dilakukan peserta didik.


Ketersediaan
21344762/SB/2022KKI 510 JUN a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 JUN a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
ix, 86hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Riset Skripsi
Analisis kesalahan
Menyelesaikan Soal Cerita Matematika
Teori Newman
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik