Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS 6 Pada Materi Trigonometri
Era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 teknologi khususnya smartphone saat ini banyak dimanfaatkan praktisi pendidikan sebagai media pembelajaran matematika. Hal ini bertujuan untuk menarik minat siswa dalam mempelajari materi, terutama materi yang dianggap siswa sulit seperti materi trigonometri. Pembuatan media pembelajaran berbasis android untuk smartphone, banyak sekali software yang dapat digunakan, salah satunya adalah Adobe Flash CS 6. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran berbasis android, mengetahui kelayakan dan keefektifan media yang dikembangkan dan mengetahui respon siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TBSM dan siswa kelas X APHP SMK Nurul Huda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi, ahli media serta ahli pembelajaran, angket respon siswa, dan tes evaluasi siswa.
Hasil penelitian pengembangan adalah: (1) Hasil validasi materi, media, dan pembelajaran memperoleh pesentase rata-rata 86% dengan kategori “sangat layak”; (2) Hasil kepraktisan media pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase dengan rentang 80% - 100% yang termasuk dalam kategori “sangat praktis”, sedangkan untuk uji coba kelompok besar dengan persentase rata-rata 85% termasuk dalam kategori “sangat praktis”; (3) Hasil keefektifan media pada uji coba kelompok kecil memperoleh ketuntasan belajar mencapai 88% dengan kategori “sangat efektif”, sedangkan pada uji coba kelompok besar memperoleh ketuntasan belajar mencapai 92% dengan kategori “sangat efektif”.
21344753/SB/2022 | KKI 510 PUJ p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain