Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Unggulan Ohoijang Maluku-Tenggara

Electronic Resource

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Unggulan Ohoijang Maluku-Tenggara

Wilhelmina Fatubun - Nama Orang; Dr. Sri Hariyani, M.Pd - Nama Orang; Dra. Retno Marsitin, M.Pd - Nama Orang;

Proses pembelajaran yang masih terpusat pada guru menyebabkan pelajaran kurang efektif dan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Pada SMP Negeri Unggulan Ohoijang Maluku-Tenggara, guru mengajar mata pelajaran Matematika masih menggunakan metode ceramah yang membuat peserta didik merasa bosan dan tidak aktif untuk mengikuti proses belajar mengajar. Penggunaan model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu cara yang tepat digunakan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan pembelajaran menjadi menarik, sehingga peserta didik memiliki minat belajar dan hasil belajar peserta didik menjadi meningkat. Ada banyak model-model pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran di kelas salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini ingin mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan eksperimen semu yaitu kegiatan percobaan atau eksperimen yang betujuan untuk mengetahui suatu gejala atau pengaruh yang timbul sebagai akibat dari adanya perlakuan tertentu. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri Unggulan Ohoijang Maluku-Tenggara. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, dalam eksperimen ini menggunakan pola Non- Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Unggulan Ohoijang Maluku-Tenggara. Sampel pada Penelitian ini, kelas VII B akan dijadikan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 15 orang siswa, sedangkan kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 15 orang. Metode pengumpulan data menggunakan teknik test dan dokumentasi, analisis data menggunakan uji-T melalui aplikasi statistik yaitu SPSS 22 for windows. Hasil analisis dengan uji-t diperoleh nilai thitung = 0,000 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sehingga nilai thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 95,00 dan rata-rata nilai kelas kontrol 75,00. Antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki selisih 20,00.


Ketersediaan
21344750/SB/2022KKI 510 FAT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 FAT p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xvii, 51hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Kooperatif
Jigsaw
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik