Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Unggulan Ohoijang Maluku-Tenggara
Proses pembelajaran yang masih terpusat pada guru menyebabkan pelajaran kurang efektif dan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Pada SMP Negeri Unggulan Ohoijang Maluku-Tenggara, guru mengajar mata pelajaran Matematika masih menggunakan metode ceramah yang membuat peserta didik merasa bosan dan tidak aktif untuk mengikuti proses belajar mengajar. Penggunaan model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu cara yang tepat digunakan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan pembelajaran menjadi menarik, sehingga peserta didik memiliki minat belajar dan hasil belajar peserta didik menjadi meningkat. Ada banyak model-model pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran di kelas salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini ingin mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan eksperimen semu yaitu kegiatan percobaan atau eksperimen yang betujuan untuk mengetahui suatu gejala atau pengaruh yang timbul sebagai akibat dari adanya perlakuan tertentu. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri Unggulan Ohoijang Maluku-Tenggara. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, dalam eksperimen ini menggunakan pola Non- Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Unggulan Ohoijang Maluku-Tenggara. Sampel pada Penelitian ini, kelas VII B akan dijadikan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 15 orang siswa, sedangkan kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 15 orang. Metode pengumpulan data menggunakan teknik test dan dokumentasi, analisis data menggunakan uji-T melalui aplikasi statistik yaitu SPSS 22 for windows. Hasil analisis dengan uji-t diperoleh nilai thitung = 0,000 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sehingga nilai thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 95,00 dan rata-rata nilai kelas kontrol 75,00. Antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki selisih 20,00.
21344750/SB/2022 | KKI 510 FAT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain