Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kemampuan Prosedural Penjumblahan Dan Pengurangan Pecahan Campuran Siswa SMP Berdasarkan Teori Apos

Electronic Resource

Analisis Kemampuan Prosedural Penjumblahan Dan Pengurangan Pecahan Campuran Siswa SMP Berdasarkan Teori Apos

Ignasius Alwino - Nama Orang; Viivi Suwanti, S.Si., M.Pd - Nama Orang; Riski Nur Istiqomah D., M.Si - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan pada beberapa siswa SMP yang menunjukkan bahwa kemampuan prosedural penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran siswa masih belum optimal. Bermula dari hasil tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan prosedural penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran siswa SMP berdasarkan teori APOS.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Untuk mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan instrumen yaitu tes tertulis yang memuat 4 butir soal, pedoman wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VII-E SMP Negeri 17 Malang yang terdiri masing-masing 2 dari siswa kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dalam rangka untuk mengecek keabsahan data yang telah diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan prosedural penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran pada tahap aksi, proses, objek dan skema. Siswa berkemampuan sedang mampu memenuhi indikator kemampuan prosedural penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran pada tahap aksi, proses dan objek, namun tidak mampu memenuhi indikator pada tahap skema. Siswa berkemampuan rendah mampu memenuhi indikator kemampuan prosedural penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran pada tahap aksi, namun tidak mampu memenuhi indikator pada tahap proses, objek dan skema. Saran bagi pendidik, sebaiknya lebih memperhatikan bagaimana siswa melakukan aktivitas prosedural pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran dan membiasakan siswa mengerjakan soal-soal matematika terkait aplikasi dari aktivitas prosedural yang telah diajarkan sebagai upaya peningkatan kemampuan prosedural siswa dalam menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini sangat direkomendasi untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai upaya dalam peningkatan mutu pendidikan.


Ketersediaan
21344724/SB/2022KKI 510 ALW a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 ALW a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiv, 151hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
teori APOS
Skripsi
Kemampuan Prosedural
Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik