Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Pada Pokok Bahasa Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 7 Borong

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Pada Pokok Bahasa Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 7 Borong

Rosula Diana Erni - Nama Orang; Riski Nur Istiqomah Dinnullah, M.Si - Nama Orang; Dr. Timbul Yuwono, S.Si.,M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Borong setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan model kooperatif tipe TAI di SMA Negeri 7 Borong dan Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di SMA Negeri 7 Borong?”
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di mana guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Borong yang berjumlah 23 orang dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes berupa soal-soal yang digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Borong. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase pencapaian KKM sebesar 39,13%, sedangkan hasil belajar setelah tindakan (tes akhir siklus I) sebesar 65,22% dan hasil belajar tes akhirnsiklus II sebesar 86,96% dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan diatas menunjukkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 7 Borong.


Ketersediaan
21344694/SB/2022KKI 510 ERN p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 ERN p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiv, 152hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
hasil belajar.
Skripsi
Model pembelajaran Team Assisted Individualization
SPLTV
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik