Electronic Resource
Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flipbook Maker Menggunakan Model Borg Dan Gall Dan Efektivitasnya Terhadap Hasil Belajar Geografi
Hasil belajar diartikan sebagai suatu keadaan yang telah dicapai oleh seseorang setelah mengalami sebuah proses belajar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi indikator keberhasilan suatu proses pembelajaran. Untuk mencapai keberhasilan, diperlukan bahan ajar yang menarik dan interaktif. Bahan ajar merupakan komponen yang sangat penting yang harus dikaji, dicermati, dipelajari, dan dijadikan sumber belajar oleh siswa sekaligus memberikan petunjuk belajar. Sebagai upaya untuk mencapai keberhasilan pembelajaran, maka perlu dilakukan pengembangan terhadap bahan ajar yang disesuaikan dengan karakteristik siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar buku elektronik berbasis flipbook maker dan untuk mengetahui efektivits bahan ajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan berdasarkan pada model pengembangan milik Borg dan Gall, yang dimodifikasi menjadi 7 langkah pengembangan, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji produk pendahuluan, 5) revisi produk awal, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk utama.
Data yang diperoleh dalam penelitian pengembangan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran, komentar validator terhadap bahan ajar. Data kuantitatif diperoleh dari skor tanggapan validator ahli dan tanggapan pendidik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari:angket validasi, angket respon guru, tes pemahaman siswa, dan dokumentasi.
Subjek dalam penelitian eksperimen adalah siswa kelas X-L2 dan siswa kelas X-K2. Instrumen penilaian hasil belajar menggunakan tes pemahaman berupa soal esai berjumlah 5 butir soal. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif yaitu nilai hasil tes pemahaman yang dianalisis menggunakan statistik diferensial dengan analisis uji-t dengan taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sudah masuk kategori cukup layak dilihat dari perolehan skor tanggapan terhadap ahli validasi materi, bahasa, dan media. Total perolehan skor adalah 72,36% dengan kriteria kelayakan cukup, tidak perlu direvisi. Hasil tanggapan pendidik memperoleh skor 86,53% dengan kriteria kelayakan baik, tidak perlu direvisi. Hasil analisis pada uji-t menunjukkan bahwa nilai probabilitas (p)=0,003 dimana produk yang dikembangkan memiliki keefektifan terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa
21344686/SB/2022 | KKI 910 MAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain