Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Ekonomi Bebasis Sigil Software Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Malang
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya modul pembelajaran interaktif mata pelajaran ekonomi di sekolah. Kurangnya antusias peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran karena disebabkan oleh media ajar yang digunakan sangat monoton dan membosankan, maka diperlukannya sebuah terobosan baru dalam hal ini yaitu mengembangkan sebuah media bahan ajar yang interaktif agar peserta didik menjadi lebih bersemangat dalam pembelajaran. Metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D),yang digunakan adalah model pengembangan Borg & Gall. Model pengembangan ini menggunakan 10 tahap yang terdiri dari (1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) tahap perencanaan (3) tahap pengembangan format produk awal (4) tahap uji coba awal oleh validasi (5) tahap revisi produk (6) tahap uji coba lapangan (7) tahap revisi produk II (8) tahap uji lapangan (9) tahap revisi produk akhir (10) tahap desiminasi dan implementasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini berupa pengembangan e-modul mata pelajaran ekonomi materi lembaga jasa keuangan memperoleh penilaian oleh ahli media dengan presentase 91,1%. Penilaian oleh ahli materi dengan presentase 77.6%. Penilaian ahli bahasa yaitu 91,2%. Berdasarkan paparan hasil penilaian diatas e- modul mata pelajaran ekonomi materi lembaga jasa keuangan dikategorikan layak untuk digunakan di lapangan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran.
21344614/SB/2022 | KKI 330 SAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain