Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Melalui Metode Scaffolding Konseptual Terhadap Prestasi Fisik Siswa Ditinjau Dari Self Regulated Learning
Dalam pembelajaran fisika di SMP PGRI 2 Singosari siswa kurang aktif dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, selain itu guru terlalu banyak ceramah dan pemberian tugas sehingga siswa merasa jenuh. Seharusnya guru mampu menciptakan suasana belajar yang menarik misalnya dengan menerapkan model pembelajaran yang relevan dengan materi. Salah satunya yaitu model pembelajaran Inquiry Terbimbing melalui Metode
Scaffolding Konseptual. Penelitian ini dilakukan tujuannya adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Inquiry Terbimbing melalui
Metode Scaffolding Konseptual Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP PGRI 2 Singosari Ditinjau dari Self Regulated Learning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah Posttest control group design. Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling yaitu kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen. Masingmasing kelas berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes obyektif sejumlah 15 soal dan berupa posttestuntuk prestasi belajar dan 40 soal untuk agket
Self Regulated Learning. Analisis data dilakukan menggunakan uji ANOVA 2 jalur tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan SRL terhadap prestasi belajar.
21344590/SB/2022 | KKI 530 ALI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain