Electronic Resource
Pengembangan Webtoon Fisika Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa webtoon fisika pada pokok bahasan getaran dan gelombang yang telah teruji kelayakan dan keterlaksanaannya untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: 1) analisis kebutuhan awal untuk mengetahui kebutuhan siswa; 2) desain awal media dan membuat instrumen penelitian; 3) pengembangan webtoon fisika dengan menggunakan aplikasi gacha life, photoshop dan validasi ahli materi dan media; 4) uji coba terbatas skala kecil pada 20 siswa kelas VIII SMP/Mts sederajat; 5) Evaluasi dari pengguna yaitu siswa dan guru mata pelajaran. Penilaian yang dilakukan mencakup 1) Uji ahli media; 2) uji ahli materi; 3) uji pengguna; 4) uji skala kecil. Hasil analisis data dari ahli media, ahli materi, dan pengguna, webtoon fisika pada pokok bahasan getaran dan gelombang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Berdasarkan
penilaian kelayakan dari ahli media dan ahli materi diperoleh rata-rata total skor 3,4 dalam kategori “valid”. Hasil penilaian uji skala kecil kepada 20 peserta didik diperoleh skor 3,26 dalam kategori “terlaksana”. Peningkatan kemampuan penguasaan konsep siswa yaitu 0,46 untuk peningkatan penguasaan siswa yang termasuk dalam kategori “sedang” setelah menggunakan webtoon fisika. Sehingga dapat disimpulkan bahwa webtoon fisika pada materi getaran dan gelombang layak dan dapat digunakan oleh siswa sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.
21344581/SB/2022 | KKI 530 ANG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain