Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Webtoon Fisika Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang

Electronic Resource

Pengembangan Webtoon Fisika Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang

Jimi Anggela - Nama Orang; Hena Dian Ayu,S.Si., M.Pd., M.Si - Nama Orang; Chandra Sundaygara,S.Pd., M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa webtoon fisika pada pokok bahasan getaran dan gelombang yang telah teruji kelayakan dan keterlaksanaannya untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: 1) analisis kebutuhan awal untuk mengetahui kebutuhan siswa; 2) desain awal media dan membuat instrumen penelitian; 3) pengembangan webtoon fisika dengan menggunakan aplikasi gacha life, photoshop dan validasi ahli materi dan media; 4) uji coba terbatas skala kecil pada 20 siswa kelas VIII SMP/Mts sederajat; 5) Evaluasi dari pengguna yaitu siswa dan guru mata pelajaran. Penilaian yang dilakukan mencakup 1) Uji ahli media; 2) uji ahli materi; 3) uji pengguna; 4) uji skala kecil. Hasil analisis data dari ahli media, ahli materi, dan pengguna, webtoon fisika pada pokok bahasan getaran dan gelombang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Berdasarkan
penilaian kelayakan dari ahli media dan ahli materi diperoleh rata-rata total skor 3,4 dalam kategori “valid”. Hasil penilaian uji skala kecil kepada 20 peserta didik diperoleh skor 3,26 dalam kategori “terlaksana”. Peningkatan kemampuan penguasaan konsep siswa yaitu 0,46 untuk peningkatan penguasaan siswa yang termasuk dalam kategori “sedang” setelah menggunakan webtoon fisika. Sehingga dapat disimpulkan bahwa webtoon fisika pada materi getaran dan gelombang layak dan dapat digunakan oleh siswa sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.


Ketersediaan
21344581/SB/2022KKI 530 ANG p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 ANG p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiv, 89hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Media Pembelajaran
Penguasaan Konsep
Skripsi
Webtoon fisika
getaran dan gelombang
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik