Electronic Resource
Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Menurunkan Tingkat Perilaku Agresi Siswa Di SMP Sunan Ampel Pagelaran
Perilaku agresif adalah bentuk perilaku dan tindakan yang disengaja oleh seseorang atau orang lain yang sejatinya disengaja yang dapat menyakiti orang lain dengan tujuan untuk pemeliharaan hidup. Perilaku agresif itu sendiri berasal dari proses kognitif yang ditunggu, sehingga diharapkan permasalahan peserta didik tersebut bisa dibantu penyelesaian oleh guru dengan lebih mudah yang akhirnya masalah perilaku agressif ini tidak mengganggu perkembangan danpertumbuhanya.
Masalah pada penelitian ini adalah terdapat peserta didik yang memiliki perilaku agresif. Rumusan masalah adalah Bagaimana efektifitas bimbingan kelompok teknik diskusi untuk menurunkan tingkat perilaku agresif siswa kelas VIII SMP SUNAN AMPEL Pagelaran tahun ajaran2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok teknik diskusi untuk menurunkan tingkat perilaku agresif siswa di SMP SUNAN AMPEL Pagelaran tahun ajaran2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian one group one pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adlah 30 peserta didik kelas VIII SMP SUNAN AMPEL Pagelaran tahun ajaran 2020/2021yang terindikasi memiliki purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan pemberian angket perilaku agresif ( data awal ) dan dianalisis menggunkan progam SPSS 17.0 windows Dari data keluaran SPSS diperoleh nilai Sig = (2-tailed) yang berarti 0.042 < 0.05 sehingga disimpulkan adanya penaruh perilaku agresif menggunakan teknik diskusi pada lima siswa kelas VIII diSMP SUNAN AMPEL yang dijadikan sebagai subjek penelitian untuk menurunkan tingkat kenakalan siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa perilaku agresif dapat diturunkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi, hal ini ditunjukan dari analisis dapat disimpulan bahwa Zhitung adalah 2.032 dan Sig (2-tailed) adalah 0.042. Jika probilitas > 0.05 maka H0 (Nol Hypotesis) diterima,
Ha (Alternatif Hpotesis) ditolak jika probilitas < 0.05 maka H0 (Nol Hypotesis) ditolak, Ha (Alternatif Hypotesis) diterima. Jadi dari hasil uji wilcoxon menunjukanvii
bahwa Sig (2-tailed) 0.042 < 0.05 artinya teknik diskusi untuk menurunkan perilaku agresif siswa kelas VIII diSMP SUNAN AMPEL yang dijadikan subjek penelitian
dapat diterima. Secara singkat kesimpulan dalam penelitian ini bahwa layanan bimbingan kelompok teknik diskusi efektif untuk menurunkan tingkat perilaku
agresif siswa SMP SUNAN AMPEL Pagelaran tahun ajaran 2020/2021.
21344560/SB/2022 | KKI 371.4 SUK e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain