Electronic Resource
Keefektifan Konseling Seni Derngan Mengunakan Musik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kanigoro
Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk memproses informasi yang berhubungan dengan emosional untuk memahami, memotivasi, dan mengelola emosi diri sehingga mendorong individu untuk berperilaku yang baik, unik dan ada pada diri individu serta menggerakkan nilai-nilai yang terpendam dalam berinteraksi kepada orang lain secara tepat dan akurat. Pada dasarnya semua anak terlahir dengan sangat cerdas, dibekali dengan sikap dan pengetahuan serta kemampuan yang cukup. Kecerdasan emosi seseorang sangat berbeda-beda. Melihat generasi milenial saat ini yang masih minim sekali dalam mengekspresikan emosinya dan menghadapi masalah yang berkaitan dengan emosi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling seni menggunakan musik untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas VII SMP.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian yakni one group pretest and post-test design.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive samplingdengan kategori kecerdasan emosi rendah. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VII yang memiliki kecerdasan emosi yang rendah berjumlah 10 orang. Pengumpulan data diperoleh dari hasil pre-test dan post-test, lembar refleksi diri, lembar evaluasi proses,lembar evaluasi hasil dan dokumentasi. Analisis menggunakan statistik non parametrik yaitu dengan bantuanSPSS 22.0For Windows dengan menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil uji test statistik uji Wilcoxon zhitungadalah – 2.805 dan Sig. (2-tailed) adalah 0.005. Dari hasil uji Wilcoxon menunjukan bahwa Sig. (2-tailed) 0,005 < 0,05 artinya konseling seni dengan menggunakan musik efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas VII SMP setelah diberikan treatment selama 5 kali pertemuan banyak perubahan kecerdasan emosi pada siswa, siswa yang sebelum treatment pada saat marah selalu meledak-ledak setelah treatment siswa dapat mengontrol emosinya dengan mendengar musik kesukaannya yang dijadikan subjek dan dapat diterima kebenarannya dalam taraf signifikansi 5%. Konseling seni dengan menggunakan musik efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa, oleh sebab itu dapat dijadikan inovasi bagi konselor di
sekolah untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi peneliti lain dan juga praktisi bimbingan dan konseling dalam melaksanakan konseling untuk meningkatkan kecerdasan emosi.
21344552/SB/2022 | KKI 371.4 ELI k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain