Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Inkuiri Meningkatkan Penguasaan Konsep Belajar Fisik Pada Siswa SMP Negeri 1 Tasifeto-Timur Propsi NTT Tahun Ajaran 2020/2021
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Inkuri untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Belajar Fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitiannya dilakukan melalui dua siklus yang terdiri atas 4 tahap. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas VII A tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 30 orang, 12 laki-laki dan 18 perempuan. Pengambilan data menggunakan lembar instrumen keterlaksanaan pembelajaran dan tes penguasaan konsep belajar siswa. Data dianalisis dalam penelitian melalui mereduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa kualitas keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Inkuri dapat meningkatkan Penguasaan Konsep Belajar Fisika Siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari presentase kualitas keterlaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar 73,44% dan 92, 58% dan presentase Penguasaan Konsep belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar 73,33% dan 81,00%. Sedangkan berdasarkan KKM diperoleh nilai pra siklus, siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar 69,67%, 73,33% dan 81,00%. Hal ini disebabkan pada siklus I, siswa masih belum terbiasa
dengan model pembelajaran yang terapkan sehingga siswa mengalami kesulitan saat memecahkan sendiri masalah yang diberikan dan masalah yang diberikan kurang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Sedangkan pada siklus II, siswa sudah terbiasa dengan model pembelajaran yang diterapkan dan siswa tidak lagi mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah karena masalah yang diberikan sangat dekat dengan kehidupan siswa.
21344523/SB/2022 | KKI 530 ATO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain