Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Inkuiri Meningkatkan Penguasaan Konsep Belajar Fisik Pada Siswa SMP Negeri 1 Tasifeto-Timur Propsi NTT Tahun Ajaran 2020/2021

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Inkuiri Meningkatkan Penguasaan Konsep Belajar Fisik Pada Siswa SMP Negeri 1 Tasifeto-Timur Propsi NTT Tahun Ajaran 2020/2021

Gabriel Atok - Nama Orang; Drs. Sutrisno, MT - Nama Orang; Muhammad Nur Hudha, M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Inkuri untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Belajar Fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitiannya dilakukan melalui dua siklus yang terdiri atas 4 tahap. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas VII A tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 30 orang, 12 laki-laki dan 18 perempuan. Pengambilan data menggunakan lembar instrumen keterlaksanaan pembelajaran dan tes penguasaan konsep belajar siswa. Data dianalisis dalam penelitian melalui mereduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa kualitas keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Inkuri dapat meningkatkan Penguasaan Konsep Belajar Fisika Siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari presentase kualitas keterlaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar 73,44% dan 92, 58% dan presentase Penguasaan Konsep belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar 73,33% dan 81,00%. Sedangkan berdasarkan KKM diperoleh nilai pra siklus, siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar 69,67%, 73,33% dan 81,00%. Hal ini disebabkan pada siklus I, siswa masih belum terbiasa
dengan model pembelajaran yang terapkan sehingga siswa mengalami kesulitan saat memecahkan sendiri masalah yang diberikan dan masalah yang diberikan kurang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Sedangkan pada siklus II, siswa sudah terbiasa dengan model pembelajaran yang diterapkan dan siswa tidak lagi mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah karena masalah yang diberikan sangat dekat dengan kehidupan siswa.


Ketersediaan
21344523/SB/2022KKI 530 ATO p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 ATO p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xii, 164hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
PBL dengan Pendekatan Inkuri
Penguasaan Konsep.
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik