Electronic Resource
Analisis Penguasaan Konsep Pada Materi Usaha Dan Energi Melalui Model Inkuiri Terbimbing Dengan Asesmen Formatif
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan penguasaan konsep siswa pada materi usaha dan energi menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan asesmen formatif serta mendeskripsikan perbedaan penguasaan konsep siswa pada materi usaha dan energi menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan asesmen formatif dilihat dari kemampuan awal dan kemampuan akhir siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran yaitu eksperimen tertanam dengan satu fase. Dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pre test-post test embedded experimental design. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA I yang berjumlah 30 orang siswa. Analisis data kualitatif menggunakan hasil wawancara dan analisis data kuantittatif menggunakan analisis uji t. Penelitian menunjukkan bahwa pada saat pretest penguasaan konsep siswa masih rendah. Namun pada saat posttest siswa mengalami peningkatan penguasaan konsep usaha dan energi. Dan ada perbedaan penguasaan konsep pada materi usaha dan energi menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan asesmen formatif dilihat dari kemampuan awal dan kemampuan akhir siswa. Pada awalnya siswa menganggap bahwa usaha adalah ketika seseorang melakukan pekerjaan yang berat dan siswa masih berfokus mengerjakan soal yang diberikan pada satuan matematis (angka). Sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan asesmen formatif
penguasaan konsep siswa pada materi usaha dan energi semakin baik
21344510/SB/2022 | KKI 530 KAR a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain