Electronic Resource
Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak TK Kelompok A Di TK Aisyiyah Bustanul Afthal 8 Kepanjen
Bahasa ekspresif merupakan kemampuan untuk mengungkapkan keinginan, kebutuhan, pemikiran dan perasaan kepada orang lain. Kemampuan bahasa ekspresif sangat penting untuk dikembangkan di Taman Kanak-Kanak, sebagai sarana stimulasi perkembangan aspek bahasa sejak usia dini. Penelitian ini
di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 8 Kepanjen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode bermain peran sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada 15
anak didik kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 8 Kepanjen Kabupaten Malang, yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus, dalam setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan bahasa ekspresif anak yang mengacu pada indikator aspek perkembangan bahasa ekspresif. Analisis data yang digunakan yaitu teknik persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak pada pra tindakan sebesar 38,7%, siklus I pertemuan ke-1
sebesar 49,6%, siklus I pertemuan ke-2 sebesar 62,1%, siklus II pertemuan ke-1 sebesar 76,2% dan siklus II pertemuan ke-2 mencapai 88,3%.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 8 Kepanjen. Peneliti memberikan saran, agar guru dapat mengimplementasikan metode bermain peran dengan inovatif dan kreatif sehingga
capaian kemampuan bahasa ekspresif anak dapat lebih ditingkatkan.
21344457/SB/2022 | KKI 372 SRI i/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain