Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Tema 6 Subtema Sumber Energi Di Kelas III Sekolah Dasar

Electronic Resource

Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Tema 6 Subtema Sumber Energi Di Kelas III Sekolah Dasar

Diah Nurvita Sari - Nama Orang; Dr.Triwahyudianto. S.Pd.,M.Si. - Nama Orang; Prihatin Sulistyowati, S.S.,M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mendukung pembelajaran yang interaktif, inovatif, dan manyenangkan dalam proses belajar. Penelitian pengembangan ini meneliti tentang, kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dari modul berbasis masalah pada tema 6 subtema sumber energi kelas III Sekolah Dasar. Penelitian menggunakan penelitian jenis pengembangan R&D (Research and Development) yang berorientasi pada produk. Model yang digunakan yaitu ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Analisi data menggunakan angket dan tes. Validasi kelayakan berupa angket diberikan kepada ahli materi, ahli bahasa dan ahli media, untuk kepraktisan berupa angket diberikan kepada guru dan siswa kelas III SDN 4 Arjowilangun. Keefektifan modul dengan memberikan soal pretest dan posttest dilakukan oleh kelompok besar yang berjumlah 15 siswa kelas III SDN 4 Arjowilngun. Hasil penelitian dari validasi kelayakan diperoleh dari ahli materi 75%, ahli bahasa 85,25%, dan ahli media 83,91% dengan kategori “sangat layak”,. Hasil kepraktisan dari guru mendapatkan nilai 91,62% dengan kategori “sangat praktis” ,dan respon pada siswa memperoleh 80, 75% dengan kategori “sangat praktis”. Kemudian hasil keefektifan modul pembelajaran mengetahui hasil pretest dan posttest siswa menggunakan uji Paired Sampel T-test dan uji N-Gain score. Pada uji Paired Sampel T-test didapatkan pada uji normalitas dengan nilai data 0,200 > 0,05 dengan kategori “normal”, uji homogenitas didapatkan nilai 0,132 > 0,05 dengan kategori “Homogen”, sedangkan pada uji Paired Sampel T-test didapatkan nilai (2-Tailed) sebesar 0,00 dengan kategori 0,00 < 0,05. Dari data pretest dan posttest pada siswa dapat diketahui bahwa ada pengaruh perbedaan perlakukan sebelum dan sesudah menggunakan modul pembelajaran. Hasil nilai Uji N-Gain Score dari tes siswa mendapatkan nilai 74,58 dengan kategori “cukup efektif”. Dengan demikian penelitian dapat disimpulkan bahwasanya modul berbasis masalah telah layak untuk digunakan dalam pembelajaran pada siswa kelas III Sekolah Dasar


Ketersediaan
21344449/SB/2022KKI 372 SAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 SAR p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiii, 85hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Pengembangan modul
Berbasis Masalah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik