Electronic Resource
Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Tema 6 Subtema Sumber Energi Di Kelas III Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mendukung pembelajaran yang interaktif, inovatif, dan manyenangkan dalam proses belajar. Penelitian pengembangan ini meneliti tentang, kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dari modul berbasis masalah pada tema 6 subtema sumber energi kelas III Sekolah Dasar. Penelitian menggunakan penelitian jenis pengembangan R&D (Research and Development) yang berorientasi pada produk. Model yang digunakan yaitu ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Analisi data menggunakan angket dan tes. Validasi kelayakan berupa angket diberikan kepada ahli materi, ahli bahasa dan ahli media, untuk kepraktisan berupa angket diberikan kepada guru dan siswa kelas III SDN 4 Arjowilangun. Keefektifan modul dengan memberikan soal pretest dan posttest dilakukan oleh kelompok besar yang berjumlah 15 siswa kelas III SDN 4 Arjowilngun. Hasil penelitian dari validasi kelayakan diperoleh dari ahli materi 75%, ahli bahasa 85,25%, dan ahli media 83,91% dengan kategori “sangat layak”,. Hasil kepraktisan dari guru mendapatkan nilai 91,62% dengan kategori “sangat praktis” ,dan respon pada siswa memperoleh 80, 75% dengan kategori “sangat praktis”. Kemudian hasil keefektifan modul pembelajaran mengetahui hasil pretest dan posttest siswa menggunakan uji Paired Sampel T-test dan uji N-Gain score. Pada uji Paired Sampel T-test didapatkan pada uji normalitas dengan nilai data 0,200 > 0,05 dengan kategori “normal”, uji homogenitas didapatkan nilai 0,132 > 0,05 dengan kategori “Homogen”, sedangkan pada uji Paired Sampel T-test didapatkan nilai (2-Tailed) sebesar 0,00 dengan kategori 0,00 < 0,05. Dari data pretest dan posttest pada siswa dapat diketahui bahwa ada pengaruh perbedaan perlakukan sebelum dan sesudah menggunakan modul pembelajaran. Hasil nilai Uji N-Gain Score dari tes siswa mendapatkan nilai 74,58 dengan kategori “cukup efektif”. Dengan demikian penelitian dapat disimpulkan bahwasanya modul berbasis masalah telah layak untuk digunakan dalam pembelajaran pada siswa kelas III Sekolah Dasar
21344449/SB/2022 | KKI 372 SAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain