Electronic Resource
Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis Highter Order Thingking Skills (HOTS) Untuk Siswa Kelas III Tema Praja Muda Karana Subtema Aku Suka Berpetualang Pembelajaran 2 Di Sekolah Dasar
Berdasarkan hasil analisis pada proses pembelajaran guru tidak menggunakan bahan ajar yang menarik dimana hal ini dapat mengakibatkan siswa merasa kurang tertarik dengan bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran selama ini. Dalam hal ini kegiatan belajar mengajar hanya menggunakan bahan ajar seadanya yaitu buku pegangan guru dan siswa. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran kurang menarik bagi siswa. Dibutuhkan bahan ajar yang menarik dan inovatif bagi kemajuan mutu pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan dan kemenarikan bahan ajar LKPD Elektronik. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian pengembangan dengan penggunaan model 4D dengan 4 tahapan yaitu: tahap pendefenisisan (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap penyebaran (Disseminate). Namun peneliti hanya menggunakan 4D sampai dengan tahap pengembangan. Subjek uji coba adalah 10 siswa kelas III SDN Bandungrejosari 01 Kota Malang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Angket terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, praktisi (guru) dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuatitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah LKPD Elektronik memperoleh skor 92% dengan kategori menarik. Berdasarkan paparan dari hasil penelitian diatas bahan ajar LKPD Elektronik dikategorikan “Sangat Layak” dan “Sangat Baik” untuk digunakan di lapangan. Hasil pengembangan bahan ajar LKPD Elektronik dapat dijadikan refrensi sebagai bahan ajar pendamping pada saat kegiatan belajar mengajar.
21344447/SB/2022 | KKI 372 MUT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain