Electronic Resource
Pengembangan E-Lkpd Berbasis Canva Tentang Energi Dan Penggunaannya Pada Siswa Kelas IV SD
Proses belajar mengajar masih menggunakan bahan ajar yang sudah ada dari pemerintah tanpa adanya pengembangan. Sehingga mengakibatkan siswa kurang antusias untuk belajar di masa pandemi covid-19. Dibutuhkannya bahan ajar elektronik yang menarik dan mudah digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam masa pandemi covid-19.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan, kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan E-LKPD. Penelitian ini termasuk dalam jenis
penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahapan yaitu : tahap Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek pada penelitian ini yaitu pada Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas IV SDN Kambingan. Instrument yang digunakan berupa lembar validasi materi, bahasa, bahan ajar, serta angket guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kambingan. E-LKPD yang dihasilkan memenuhi kriteria ; a). Validasi kelayakan memenuhi kriteria sangat layak, dengan perolehan presentase oleh ahli materi 84,81%, ahli bahasa 91,25%, dan ahli bahan ajar 87,5%, ; b) Kepraktisan oleh penilaian guru dan siswa masing – masing diperoleh 94,14% kategori sangat praktis, lembar angket siswa diperoleh 88,75% dengan kategori sangat praktis ; c) Perolehan hasil uji keefektifan terhadap 15 siswa adalah 81% dengan kategori sangat efektif dan memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75.Berdasarkan hasil tersebut, produk telah memenuhi kriteria layak, praktis, dan efektif. Untuk itu produk dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
21344446/SB/2022 | KKI 372 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain