Electronic Resource
Pengembangan E- Ensiklopedia Berbasis Pendidikan Karakter Gotong Royong Pada Tema 8 Subtema 1 Siswa Kelas IV SD
Proses pembelajaran masih menggunakan bahan ajar yang seadanya tanpa adanya pengembangan. Sehingga mengakibatkan siswa kurang antusias untuk belajar. Dibutuhkannya bahan ajar elektronoik yang menarik, mudah digunakan dan inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam masa pandemi covid19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan, kelayakan, kemenarikan dan keefektifan e-ensiklopedia. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SD Negeri Kambingan, Tumpang.Instrumen yang digunakan berupa lembar angket dan soal tes. EEnsiklopedia yang dihasilkan memenuhi kriteria : a.) Sangat Layak, dengan perolehan presentasi hasil rata-rata dari uji kelayakan adalah 88,25%, ; b.) Sangat Menarik, dengan perolehan hasil penilaian angket guru dan peserta didik dengan rata-rata angket kemenarikan adalah 96%, ; c.) Sangat Efektif, dengan perolehan hasil uji keefektifan terhadap 15 siswa adalah 85% . Kelebihan dari produk ini yaitu produk dibagikan berupa link yang mudah di akses melalui handphone maupun laptop tanpa perlu menginstal aplikasi sehingga produk ini mudah digunakan. Hasil pengembangan e-ensiklopedia berbasis pendidikan karakter gotong royong ini dapat dijadikan referensi guru sebagai bahan ajar pendamping saat proses pembelajaran.
21344443/SB/2022 | KKI 372 GHO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain