Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran E-Dakon Pintar (DaPin) Berbasis Game Materi Sumber Daya Alam (SDA) Kelas IV SD Negeri 1 Sumberejo Kecamatan Pagak Kabupaten Malang
Pendidikan adalah usaha sadar yang mempunyai tujuan untuk mewujudkan dan mengembangkan potensi peserta didik. Proses pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran dan proses pembelajaran siswa di SDN Sumberejo hanya melakukan kegiatan di LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan dan keefektifan E- Dakon Pintar (DaPin) materi Sumber Daya Alam (SDA) siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumberejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari tahap Analisa (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi ( Evalution). Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumberejo yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan lembar validasi media, materi,bahasa, angket guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumberejo. E- Dakon Pintar (DaPin) memenuhi kriteria : a) Sangat Layak dengan perolehan persentase oleh ahli media 92,5%, ahli materi 75%, dan ahli bahasa 90,62%, ; b) Sangat Praktis, dengan perolehan hasil penilaian angket guru 92% dan penilaian angket siswa 93,2%, ; c) Sangat efektif, dengan perolehan hasil uji keefektifan terhadap 20 siswa adalah 85%. Berdasarkan hasil tersebut E- Dakon Pintar (DaPin) telah memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif. Untuk itu E- Dakon Pintar (DaPin) dapat dijadikan alternatif bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
21344439/SB/2022 | KKI 372 MAY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain