Electronic Resource
Peran Guru Dalam Menerapkan Aturan Sekolah Untuk Pembinaan karakter Kedisiplinan Siswa Di SDN Bandungrejosari 1 Malang
Mengikuti perkembangan dari zaman dunia pendidikan yang sudah tidak lagi lepas dari berbagai permasalahan, seperti rendahnya pendidikan karaktersalah satunya adalah karakter disiplin. Kondisi seperti yang telah disebutkan di atas mendorong peneliti untuk melakukan penelitian Peran Guru Dalam Menerapkan Aturan Sekolah Untuk Pembinaan Karakter Kedisiplinan Siswa Di SDN Bandungrejosari 1 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Peran guru dalam membina kedisiplinan siswa melalui peraturan tata tertib sekolah di SDN Bandungrejosari 1 Malang, dan (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam membina kedisiplinan siswa melalui peraturan tata tertib sekolah di SDN Bandungrejosari 1 Malang. Penelitian kualitatif ini memakai instrumen penelitian yaitu angket danjuga wawancara serta dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SDN Bandungrejosari 1 Malang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaksi yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.keabsahan temuan pada peneltian ini menggunakan triangulasi sumber serta triangulasi teknik. Prosedur penelitian meliputi tahapstudi pendahuluan, tahap pra lapangan, tahap lapangan serta tahap penyusunan laporan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya peran guru di SDN Bandungrejosari 1 Malang sebagai pendidik, pangajar, pembimbing, motivator telah mengaplikasikan peran tersebut dengan sangat baik. Adapun faktor yang mendukung peran guru dalam pembinaan karakter disiplin siswa adalah adanya kontrol langsung dari kepala sekolah, adanya peran aktifdari guru-guru serta orang tua, dan juga kekompakan antara guru dan juga kepala sekolah. Sedangkan, faktor peghambatnya adalah keluarga siswa sendiri, lingkungan masyarakat, dan juga pengaruh dari teman-temannya.
21344438/SB/2022 | KKI 372 KEW p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain