Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Berbantuan Video Benime Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa e-modul berbantuan video benime pada pembelajaran IPA untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. E-modul berbantuan video benime dikembangkan penulis dapat dikakatakan layak, praktis dan efektif digunakan di lapangan apabila e-modul telah memenuhi tiga kriteria kelayakan e-modul yaitu valid, praktis, dan efektif. Model penelitian pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tahapan pengembangan 4D yang meliputi: Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan), Dan Disseminate (penyebaran). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Pada tahapan define memperoleh hasil analisis awal dan akhir di SD Negeri 01 Benjor Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang berupa: (1) Pemahaman siswa dalam menerima materi pembelajaran berbeda, (2) Pembelajaran di dominasi oleh guru, (3) Bahan ajar yang digunakan hanya meliputi buku guru dan buku siswa. Pada tahapan Design peneliti merancang e-modul berbantuan video benime meliputi pemilihan format, pemilihan media, dan rancangan awal. Tahapan Develop pada penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa e-modul berbantuan video benime dengan uji kelayakan/kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Uji kelayakan/kepraktisan mendapatkan presentase sebesar 97% dengan kategori sangat valid dari ahli media dan 82,3% dengan kategori sangat valid dari ahli materi. Uji kepraktisan mendapatkan presentase sebesar 94,1% dengan kategori sangat praktis dari hasil penilaian respon guru dan 94,4% dengan kategori sangat praktis dari hasil penilaian respon siswa. Uji keefektifan e-modul berbantuan video benime untuk siswa kelas IV SD memperoleh rata-rata nilai 83,3 dengan kategori sangat efektif. Tahapan Disseminate, tahapan ini peneliti menyebarkan produk e-modul berbantuan video benime pada pembelajaran IPA kelas IV SD ini di SD Negeri 01 Benjor Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang pada siswa kelas IV SD dan wali kelas IV.
E-Modul berbantuan video benime dapat digunakan guru sebagai rujukan mengenai bahan ajar IPA untuk materi bagian-bagian tumbuhan. Memberi referensi bagi peneliti lain dalam mengembangkan e-modul berbantuan video benime yang inovatif.
21344434/SB/2022 | KKI 372 FAD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain