Electronic Resource
Analisis Penguasaan TCK (Technogical Content Knowledge) IPA Pada Guru SDN Tanjungrejo 3 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan konten IPA yang dimiliki oleh Guru di SDN Tanjungrejo 3 Malang. Pada dasarnya pembelajaran IPA harus mampu merangsang kemampuan berpikir siswa, mengembangkan rasa ingin tahu, mengembangkan keterampilan proses, kecakapan hidup dan mengembangkan kreatifitas siswa. Merujuk pada hal tersebut di atas, guru dengan kualifikasi pendidikan IPA harus bisa menguasai konten dengan maksimal. Maka dari itulah kompetensi seorang guru sangat diperlukan untuk mengembangkan ilmu yang bermanfaat bagi siswa sehingga apa yang disampaikan menjadi sebuah profesonalisme guru dalam bekerja mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen penelitian berupa lembar wawancara, observasi dan lembar dokumentasi serta angket. Subjek penelitian adalah Guru IPA SDN Tanjungrejo 3 Malang. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan temuan peneliti menggunakan triangulasi sumber data, prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pengecekan data, tahap analisis data, tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan ICT oleh Guru IPA di SDN Tanjungrejo 3 sangat baik dengan ditunjukkan bahwa guru bisa memanfaatkan media gambar dan video dalam belajar sehingga pengetahuannya pada perangkat keras maupun lunak baik; (2) Technological content knowledge yang dimiliki guru IPA sudah baik ditunjukkan bahwa Guru dalam mengarahkan pemahaman konsep IPA secara teoritis dan praktis dilakukan melalui praktek serta pengamatan video dan gambar berdasar teknik dan metode pedagogis yang benar dalam penerapan ICT di pembelajaran; (3) technology content knowledge yang dimiliki oleh guru ditunjukkan dengan melakukan bimbingan pada siswa untuk praktek pengamatan secara langsung khususnya dalam bahasan fotosintesis melalui diskusi; dan dikembangkan guru adalah mengoperasikan software yang terinstal di komputer untuk pelajaran IPA guru menggunakan Ms. Power Point serta menggunakan internet sebagai sumber materi sehingga integrase antara multimedia dan materi pelajaran sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Guru IPA di SDN Tanjungrejo 3 sudah mampu menguasai konten dalam menggunakan teknologi ketika memberi materi vi vii pelajaran dan mengajarkan pada siswa sehingga bisa dijelaskan bahwa komponen penguasaan konten yang terdiri dari penggunaan ICT, penerapannya dalam pembelajaran serta kemampuan mengelola kontennya sudah dikuasai oleh Guru serta sudah diterapkan dalam proses pembelajaran IPA.
21344432/SB/2022 | KKI 372 MEI a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain