Electronic Resource
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD) Pembelajaran Matematika Pada AMteri Bilangan Bulat Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Educations (RME) SDN 28 Membalong
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang dapat digunakan pendidik sebagai alat untuk mengalihkan pengetahuan keterampilan dalam pemecahan masalah. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan suatu bahan ajar yang berbasis pendekatan Realistic Mathematic Educations (RME) yang layak dan praktis. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan hasil
mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan
Realistic Mathematic Educations (RME). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Dick and Carry. Model ini terdiri dari lima tahap, yaitu: tahap Analyze (Analisis), tahap Design (Desain), tahap Development (Pengembangan), tahap Implementation (Pelaksanaan), tahap Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini berupa angket untuk mengukur kelayaan dan kepraktisan. Teknik analisis data yang digunakan mencakup teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pembelajaran matematika berbasis pendekatan Realistic Mathematic Educations (RME) yang dihasilkan memenuhi kriteria: a) Layak, dengan rata-rata perolehan presentase dari dua validator sebesar 86,25%; b) Praktis, dengan rata-rata presentase angket respon oleh guru sebesar 85,9%;. Berdasarkan hasil tersebut, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Realistic Mathematic Educations (RME) dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria layak dan praktis.
21344433/SB/2022 | KKI 372 HAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain