Electronic Resource
Pengembangan E-Evaluation Berbasis Nilai Karakter Berbantuan Aplikasi Quizizz Pada tema 6 Untuk Kelas V
Tantangan dan perkembangan pendidikan di Indonesia saat ini semakin besar. Hal ini disebabkan tuntutan masyarakat terhadap kualitas pendidikan semakin tinggi. Selain itu, perkembangan dunia teknologi juga sangat berpengaruh bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Terutama pada saat pandemi covid-19, teknologi sangat membantu dalam memperlancar pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Quizizz merupakan salah satu hasil dari kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan yang berfungsi sebagai alat evaluasi secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-evaluation berbasis nilai karakter berbantuan aplikasi quizizz. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) Analys (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kevalidan e-evaluation berbasis nilai karakter berbantuan aplikasi quizizz berdasarkan angket kelayakan melalui validator yaitu validator ahli materi, validator ahli media dan validator ahli bahasa. Hasil yang diperoleh dari ahli materi sebesar 80% dengan kategori layak, hasil yang diperoleh dari ahli media sebesar 84% termasuk dalam kategori layak dan hasil yang diperoleh dari ahli bahasa sebesar 87% dengan kategori sangat layak. Tingkat kepraktisan diperoleh berdasarkan angket kepraktisan yang diberikan kepada guru dan siswa. Hasil kepraktisan guru sebesar 90% dan rata-rata hasil kepraktisan yang diperoleh dari
siswa sebesar 94%. E-evaluation berbasis nilai karakter berbantuan aplikasi quizizz dinyatakan efektif. Rata-rata perolehan nilai yang didapatkan siswa sebesar 85% dimana hal ini sudah menunjukkan bahwa rata-rata nilai yang didapatkan siswa diatas kriteria ketuntasan minimum.
21344428/SB/2022 | KKI 372 WIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain