Electronic Resource
Pengembangan E-Evaluation Berbasis Hots (High Order Thinking Skill) Berbantuan Aplikasi That Quiz
Penelitian ini dilatar belakangi proses evaluasi pembelajaran yang belum menggunakan soal evaluasi pilihan ganda berbasis HOTS dan belum menggunakan sebuah Aplikasi Quiz pada materi macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia. Hal tersebut berdampak pada proses berpikir siswa yang kurang kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektivan soal evaluasi berbasis HOTS dengan berbantuan aplikasi That Quiz mata pelajaran IPS kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D dengan empat tahapan yang yakni: tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap penyebaran (Disseminate). Metode penelitian yang digunakan peneliti sampai pada tahapan pengembangan (Development). Teknik analisis yang digunakan soal evaluasi berbasis HOTS berbantuan Aplikasi That Quiz yaitu kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V SDN 1 Arjowilangun Kalipare berjumlah 11. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan tes. Angket meliputi angket validasi ahli media, materi, dan bahasa. Angket kepraktisan guru dan peserta didik. E-Evaluation berbasis HOTS berbantuan Aplikasi That Quiz berdasarkan hasil validasi media memperoleh skor 92% dengan kategori sangat layak, hasil validasi materi memperoleh skor 93% dengan kategori sangat layak, hasil validasi bahasa memperoleh skor 98% dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan penilaian oleh guru kelas V sebesar 97 % dengan kategori sangat praktis, dan hasil kepraktisan penilaian peserta didik kelas V sebesar 93% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan sebesar 90 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasilt ersebut, alat evaluasi berbasis HOTS dengan menggunakan sebuah Aplikasi That Quiz digunakan di lapangan dan hasil pengembangan dapat dijadikan reverensi pendidik dalam membuat dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat memberikan manfaat yaitu memberikan menambah pengalaman baru bagi guru dan bagi peneliti lain dapat dijadikan sumber untuk penelitian selanjutnya.
21344427/SB/2022 | KKI 372 CIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain