Electronic Resource
Studi Etnografis Membangun Budaya Gerakan Literasi Sekolah Dalam Kemampuan Berbahasa Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Kebonsari 4 Kota Malang
Penelitian ini bertujuan adalah mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan gerakan literasi sekolah di SDN Kebonsari 4 Kota Malang, mengetahui bagaimana fasilitas pendukung kegiatan gerakan literasi sekolah di SDN Kebonsari 4 Kota Malang, mengetahui apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan gerakan literasi sekolah di SDN Kebonsari 4 Kota Malang, mengetahui bagaimana solusi mengatasi masalah pada kegiatan gerakan literasi sekolah di SDN Kebonsari 4 Kota Malang, mengetahui kemampuan berbahasa pada siswa kelas 5 SDN Kebonsari 4 Kota Malang, dan mengentahui cara membangun budaya Gerakan Literasi Sekolah pada siswa SDN Kebonsari 4 Kota Malang. Penelitian menggunaan penelitian kualitatif etnografi dimana peneliti masuk kedalam kehidupan sehari-hari siswa baik di sekolah maupun dirumah untuk memberi gambaran penelitian yang bersifat akurat. Proses membangun budaya melalui gerakan literasi sekolah dilakukan dengan cara 1), sekolah menerapkan pembiasaan 15 menit sebelum pembelajaran dengan kegiatan membaca. 2), lingkungan sekolah di SDN Kebonsari 4 Kota Malang dipenuhi dengan berbagai tulisan-tulisan motivasi siswa agar semangat belajar dan membaca ditunjukan dengan poster-poster dan gambar-gambar. 3), pojok baca di setiap kelas dimanfaatkan siswa untuk menjadi tempat yang nyaman untuk membaca dan mencari informasi baik yang berkaitan dengan pelajaran atau non pelajaran. 4), guru memberikan target sehari minimal satu lembar membaca buku.
21344426/SB/2022 | KKI ANN 372 s/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain