Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pembiasaan Nilai Karakter Dalam Pembelajan Dalam Jaringan Sebagai Penunjang Karakter Tanggung Jawab (Studi Kasus Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Tanjungrejo 2 Malang)

Electronic Resource

Pembiasaan Nilai Karakter Dalam Pembelajan Dalam Jaringan Sebagai Penunjang Karakter Tanggung Jawab (Studi Kasus Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Tanjungrejo 2 Malang)

Arasy Hayu Pertiwi - Nama Orang; Ludovikus Bomans Wadu. M. Pd - Nama Orang; Nury Yuniasih, M.Pd - Nama Orang;

Dampak pandemi Covid-19 saat ini memberikan tantangan bagi lembaga pendidikan di Indonesia, proses pembelajaran dilaksanakan secara Dalam Jaringan (Daring) termasuk pendidikan karakter salah satunya nilai karakter tanggung jawab. Pembiasaan pendidikan karakter yang dilakukan dahulu dapat melalui dua bentuk kegiatan yaitu integrasi pembelajaran dan ekstrakulikuler seperti pramuka, paskibra, kerohanian. Pembiasaan karakter tanggung jawab seperti mengumpulkan tugas tepat waktu, kesadaran belajar, kemandirian belajar siswa, dan lain sebagainya, tetapi untuk saat ini tidak dapat terlaksana sepenuhnya dengan kegiatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pembiasaan nilai karakter tanggung jawab dalam pembelajaran daring, (2) dampak pembelajaran daring terhadap nilai karakter tanggung jawab peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SDN Tanjungrejo 2 Malang, dengan subjeknya
kepala sekolah, guru kelas III dan siswa kelas III. Instrumen penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian dapat menunjukkan pembiasan pendidikan karakter tanggung jawab dalam pembelajaran daring dapat diimplementasikan melalui
beberapa strategi yaitu pemberian tugas pada google classroom, mengisi jurnal PHBS, dan diintegrasikan dalam pembelajaran KI 4. Dampak pembelajaran
daring terhadap pendidikan karakter tanggung jawab ini dapat dilihat berdampak positif, peserta didik dapat meningkatkan tanggung jawab spiritual, mengerjakan dan mengumpulkan tugas, membantu orang tua. Untuk dapat menghasilkan dampak positif sekolah juga bekerja sama dengan orang tua. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi pembiasaan nilai karakter tanggung jawab pada saat pembelajaran daring dapat menggunakan beberapa strategi, berkolaborasi, dan penggunaan media. Disarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengetahui keefektifan pendidikan karakter yang dilakukan secara daring sesuai dengan temuan peneliti.


Ketersediaan
21344422/SB/2022KKI 372 PER p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 PER p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiii, 113hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Nilai Karakter
Skripsi
Tanggung Jawab
Pembelajaran Dalam Jaringan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik