Electronic Resource
Pembiasaan Nilai Karakter Dalam Pembelajan Dalam Jaringan Sebagai Penunjang Karakter Tanggung Jawab (Studi Kasus Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Tanjungrejo 2 Malang)
Dampak pandemi Covid-19 saat ini memberikan tantangan bagi lembaga pendidikan di Indonesia, proses pembelajaran dilaksanakan secara Dalam Jaringan (Daring) termasuk pendidikan karakter salah satunya nilai karakter tanggung jawab. Pembiasaan pendidikan karakter yang dilakukan dahulu dapat melalui dua bentuk kegiatan yaitu integrasi pembelajaran dan ekstrakulikuler seperti pramuka, paskibra, kerohanian. Pembiasaan karakter tanggung jawab seperti mengumpulkan tugas tepat waktu, kesadaran belajar, kemandirian belajar siswa, dan lain sebagainya, tetapi untuk saat ini tidak dapat terlaksana sepenuhnya dengan kegiatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pembiasaan nilai karakter tanggung jawab dalam pembelajaran daring, (2) dampak pembelajaran daring terhadap nilai karakter tanggung jawab peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SDN Tanjungrejo 2 Malang, dengan subjeknya
kepala sekolah, guru kelas III dan siswa kelas III. Instrumen penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian dapat menunjukkan pembiasan pendidikan karakter tanggung jawab dalam pembelajaran daring dapat diimplementasikan melalui
beberapa strategi yaitu pemberian tugas pada google classroom, mengisi jurnal PHBS, dan diintegrasikan dalam pembelajaran KI 4. Dampak pembelajaran
daring terhadap pendidikan karakter tanggung jawab ini dapat dilihat berdampak positif, peserta didik dapat meningkatkan tanggung jawab spiritual, mengerjakan dan mengumpulkan tugas, membantu orang tua. Untuk dapat menghasilkan dampak positif sekolah juga bekerja sama dengan orang tua. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi pembiasaan nilai karakter tanggung jawab pada saat pembelajaran daring dapat menggunakan beberapa strategi, berkolaborasi, dan penggunaan media. Disarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengetahui keefektifan pendidikan karakter yang dilakukan secara daring sesuai dengan temuan peneliti.
21344422/SB/2022 | KKI 372 PER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain