Electronic Resource
Analisis Kemampuan Teknologi Guru SD
Memasuki abad-21 guru dituntut untuk memiliki pengetahuan konten , pengetahuan pedagogik , dan pengetahuan teknologi dalam pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan teknologi guru sekolah dasar dalam aspek TPACK dalam proses pembelajaran. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan menyampaikan data secara deskripsi, gambaran secara sistematis faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada. Pengambilan data dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi pada 5 Sekolah Dasar di Kec. Sukun Kota Malang. Hasil analisis data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen observasi dan instrumen pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa kemampuan Technological Knowledge dan Tecgnological Content Knowledge guru dalam menggunakan perangkat keras dan lunak untuk proses pembelajaran daring dan luring dapat dikatakan mahir. Akan tetapi, untuk proses pembelajaran sacara luring, guru belum menggunakan teknologi pada saat proses pembelajaran. Kemampuan Technological Pedagogik Knowledge guru belum maksimal karena kendala yang dirasakan pada saat pembelajaran luring maupun daring. Untuk aspek TPACK guru, pada saat pembelajaran luring guru belum bisa memaksimalkan dalam penggunaan aspek TPACK. Saat pembelajaran daring, guru hanya dapat menggunakan kemampuan TK dan TCK.
21344420/SB/2022 | KKI 372 PER a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain