Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Game Edukasi (Amazing Culture) Berbasis Kreatifan Lokal Pada Pembelajaran IPS Kelas IV

Electronic Resource

Pengembangan Media Game Edukasi (Amazing Culture) Berbasis Kreatifan Lokal Pada Pembelajaran IPS Kelas IV

Silvia Windari - Nama Orang; Arief Rahman Hakim, M.Pd - Nama Orang; Romadhon, M.Pd. - Nama Orang;

Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya permasalahan berupa kurangnya penggunaan media game edukasi untuk muatan IPS materi keberagaman budaya Nusantara sehingga mengakibatkan pembelajaran tidak menarik perhatian siswa pada saat proses belajar mengajar, sehingga sangat mempengaruhi pada hasil belajar siswa. Maka peneliti mengembangkan media game edukasi berbasis kearifan lokal pada pembelajaran IPS materi keberagaman budaya Nusantara. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media game edukasi (amazing culture) berbasis kearifan lokal, mendeskripsikan kelayakan dari media game edukasi (amazing culture) berbasis kearifan lokal, mendeskripsikan kepraktisan dari media game edukasi (amazing culture) berbasis kearifan lokal, mendeskripsikan keefektifan dari media game edukasi (amazing culture) berbasis kearifan lokal.
Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi pada model ADDIE melalui lima tahap yaitu : analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Benjor Kecamatan Tumpang, instrument pengumpulan data menggunakan angket, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Media pembelajaran yang akan di ujikan melalui tahap validasi terlebih dahulu oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan calon pengguna (guru), kemudian di uji cobakan kepada siswa kelas IV sebanyak 16 siswa. Untuk mengetahui keefektifan produk yang dikembangkan menggunakan evaluasi pretes dan posttes.
Hasil penelitian ini sesuai dengan model ADDIE yang dibagi menjadi 5 aspek yaitu pengembangan media game edukasi, kelayakan media game edukasi, kepraktisan media game edukasi, dan keefektifan media game edukasi. Tahap pengembangan ini mencakup dua tahapan yaitu analisis dan mendesain produk. Tahap kelayakan produk dapat dilihat dari penilaian ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Kepraktisan media dilakukan pada tahapan implementasi dengan penilaian yang diperoleh dari guru dan siswa. Keefektifan diperoleh dari pemberian soal pre test dan post test kepada siswa, sehingga dapat diperoleh penilaian hasil belajar siswa. Penilaian oleh ahli media mendapatkan presentase 95,9% (Layak). Penilaian ahli materi mendapatkan presentase 83,6% (Layak). Penilaian ahli bahasa mendapatkan presentase 95,8% (Layak). Penilaian calon pengguna mendapatkan presentase 91,3% (Sangat Baik). Penilaian respon respon siswa pada uji lapangan mendapatkan presentase 90% (Sangat Baik). Media ini juga efektif digunakan dengan hasil peningkatan rata – rata (N-gain) melalui pretest dan posttest dapat diperoleh presentase 84,5% dengan kriteria tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian media game edukasi (amazing culture) berbasis kearifan lokal dapat dikategorikan “Layak” atau “Sangat Baik” untuk digunakan dilapangan pada pembelajaran IPS materi keberagaman budaya Nusantara. Media Game Edukasi ini dapat digunakan guru sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam belajar mandiri serta memberikan referensi bagi peneliti lain dalam mengembangkan media yang berinovasi dan kreatif.


Ketersediaan
21344419/SB/2022KKI 372 WIN p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 WIN p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiv, 104hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Kearifan Lokal
Game Edukasi
Pembelajaran IPS
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik