Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Berbasis CTL (Contextual Teaching And Learing) Berbantuan Aplikasi Kvisoft FlipbookMaker Pada Materi Indahnya Persatuan Dan Kesatuan Negeriku Kelas 4 SD
Modul elektronik (e-modul) merupakan bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam mempelajari materi pelajaran secara mandiri yang dalam penggunaanya menggunkan media elektronik. Penyebab kurang menariknya bahan ajar mengakibatkan pembelajaran kurang sesuai dengan kebutuhan siswa. E-modul berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) bertujuan untuk menunjang kegiatan pelajaran pada pembelajaran tematik SD, khususnya materi indahnya persatuan dan kesatuan negeriku yang terdapat pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku sub tema 3 indahnya persatuan dan kesatuan negeriku pembelajaran 3. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan e-modul berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) 2) mendeskripiskan kelayakan dari e-modul berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning), 3) mendeskripsikan kepraktisan dari e-modul berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning), 4) mendeskripsikan keefektifan dari e-modul berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning).
Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan lima tahap yakni: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDK Marga Bhakti Kota Malang sebanyak 10 siswa. Teknik analisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan lembar validasi ahli isi, lembar validasi ahli desain, lembar validasi ahli bahasa, angket guru dan siswa.
Hasil penelitian e-modul berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) SDK Marga Bhakti dinyatakan layak dengan menggunakan angket validasi dilakukan oleh validator ahli Desain dengan kriteria layak dari validator ahli Isi dengan kriteria layak dan dari validator bahasa dengan kriteria layak. Penilaian oleh calon pengguna (guru) memperoleh kriteria “Sangat Baik”. Penilaian hasil respon siswa pada ujicoba lapangan terbatas memperoleh kriteria “Sangat Baik”, penilaian keefektifan dengan rata-rata nilai yang diperoleh dari hasil pree test dan post test yang digunakan menggunakan uji N-Gain dengan kriteria “Efektif”. Berdasarkan hasil tersebut, e-modul dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif.
21344418/SB/2022 | KKI 372 BET p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain