Electronic Resource
Pengembangan E-Lkpd Pembelajran Tematik Berbasis Higher Order Thingking skills (Hots) Untuk Siswa Kelas IV Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 6 Di Sekolah Dasar
Salah satu penyebab LKPD belum mampu memotivasi peserta didik karena kurang menarik dan kurang efektif. Salah satu tuntutan dalam kurikulum 2013 yaitu pembelajaran dengan memadukan beberapa mata pelajaran dan menuntun peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi. Dengan adanya E-LKPD pembelajatan tematik berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS) ini mampu mengoptimalkan kegiatan pembelajaran, memotivasi peserta didik serta meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Prosedur pengumpulan data pada E-LKPD ini yaitu angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan untuk E-LKPD yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian berdasarkan aspek kelayakan oleh ahli materi 86,36%, ahli media 92,30%, serta ahli bahasa 89,58% dengan kriteria “Layak”. Aspek kepraktisan angket respon guru 95% dengan kriteria “Praktis”. Aspek kepraktisan angket respon peserta didik “Praktis”. Aspek keefektifan dengan nilai rata-rata peserta didik yang diperoleh adalah 86,2 dengan krieria yang telah memenuhi KKM yang diterapkan oleh sekolah. Berdasarkan hasil tersebut, E-LKPD pembelajaran tematik berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS) tema 8 subtema 3 pembelajaran 6 dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memnuhi kriteria layak, praktis dan efektif.
21344414/SB/2022 | KKI 372 ILM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain