Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Toleransi Dan Gotong Royong Di Kelas IV SD

Electronic Resource

Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Toleransi Dan Gotong Royong Di Kelas IV SD

Ratih Salviana Sundi Denay - Nama Orang; Romadhon, M.Pd. - Nama Orang; Denna Delawanti C., M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-modul berbasis karakter toleransi dan gotong royong serta mengetahui tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifannya dalam pembelajaran di kelas IV SD. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), pelaksanaan (implementation), dan evaluasi (evaluation) yang dilaksanakan di SDK Marga Bhakti Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket validasi kepada dosen ahli media, ahli materi dan ahli bahasa untuk menilai kelayakan e-modul, serta angket guru dan siswa kelas IV untuk menilai kepraktisan e-modul. E-modul diujicobakan kepada siswa kelas IV SDK Marga Bhakti Kota Malang dengan pemberian soal pree test dan post test untuk mengetahui keefektifan e-modul.
E-modul berbasis karakter toleransi dan gotong royong berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh skor 84% dengan kategori sangat layak, hasil validasi ahli materi memperoleh skor 87% dengan kategori sangat layak, dan validasi ahli bahasa memperoleh skor 92% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian kepraktisan guru kelas IV memperoleh skor 84% dengan kategori sangat baik, dan hasil kepraktisan siswa kelas IV memperoleh skor 88,2% dengan kategori sangat baik. Uji keefektifan e-modul memperoleh nilai rata-rata pree test yaitu 51, serta rata-rata post test diatas KKM yaitu 92, kemudian dari hasil n-gain diperoleh rata-rata sebesar 92 dengan kategori tinggi, sehingga e-modul efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SDK Marga Bhakti Kota Malang.


Ketersediaan
21344413/SB/2022KKI 372 DEN p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 DEN p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiv, 113hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
E-Modul
Gotong Royong
Toleransi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik