Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Toleransi Dan Gotong Royong Di Kelas IV SD
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-modul berbasis karakter toleransi dan gotong royong serta mengetahui tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifannya dalam pembelajaran di kelas IV SD. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), pelaksanaan (implementation), dan evaluasi (evaluation) yang dilaksanakan di SDK Marga Bhakti Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket validasi kepada dosen ahli media, ahli materi dan ahli bahasa untuk menilai kelayakan e-modul, serta angket guru dan siswa kelas IV untuk menilai kepraktisan e-modul. E-modul diujicobakan kepada siswa kelas IV SDK Marga Bhakti Kota Malang dengan pemberian soal pree test dan post test untuk mengetahui keefektifan e-modul.
E-modul berbasis karakter toleransi dan gotong royong berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh skor 84% dengan kategori sangat layak, hasil validasi ahli materi memperoleh skor 87% dengan kategori sangat layak, dan validasi ahli bahasa memperoleh skor 92% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian kepraktisan guru kelas IV memperoleh skor 84% dengan kategori sangat baik, dan hasil kepraktisan siswa kelas IV memperoleh skor 88,2% dengan kategori sangat baik. Uji keefektifan e-modul memperoleh nilai rata-rata pree test yaitu 51, serta rata-rata post test diatas KKM yaitu 92, kemudian dari hasil n-gain diperoleh rata-rata sebesar 92 dengan kategori tinggi, sehingga e-modul efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SDK Marga Bhakti Kota Malang.
21344413/SB/2022 | KKI 372 DEN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain