Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Pada Kelas IV Sekolah Dasar

Electronic Resource

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Pada Kelas IV Sekolah Dasar

Diah Pramesthi Regita Cahyani - Nama Orang; Arief Rahman Hakim, M.Pd - Nama Orang; Dyah Tri Wahyuningtyas, S.Si, M.Pd. - Nama Orang;

Pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan bahan ajar tanpa adanya pengembangan. Hal tersebut membuat siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Dibutuhkan bahan ajar yang mampu menarik siswa dalam pembelajaran sebagai tujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan kelayakan, keefektifan dan kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik dengan berbasis masalah yang diharapkan mampu mencapai peningkatan hasil belajar perserta didik dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan empat tahapan yaitu: tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap penyebaran (Disseminate). Namun, peneliti akan menggunakan model 4D hanya sampai dengan tahapan pengembangan. Subjek uji coba adalah 24 siswa kelas IV SDN 2 Turen.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik pada pembelajaran IPA berbasis masalah dengan menggunakan model 4D dinyatakan bahwa Hasil penelitian ini adalah memperoleh skor 88,6% dengan kategori efektif.Berdasarkan paparan hasil penilaian Lembar Kerja Peserta Didik diatas dapat dikategorikan “ Sangat Layak” dan “ Sangat Baik” digunakan dilapangan. Hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pembelajaran IPA berbasis masalah mampu digunakan sebagai referensi guru sebagai bahan ajar pendamping saat proses pembelajaran.


Ketersediaan
21344406/SB/2022KKI 372 CAH p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 CAH p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xv, 124hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Lembar Kerja Peserta Didik
Skripsi
Pembelajaran Ipa
Berbasis Masalah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik