Electronic Resource
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Pada Kelas IV Sekolah Dasar
Pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan bahan ajar tanpa adanya pengembangan. Hal tersebut membuat siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Dibutuhkan bahan ajar yang mampu menarik siswa dalam pembelajaran sebagai tujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan kelayakan, keefektifan dan kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik dengan berbasis masalah yang diharapkan mampu mencapai peningkatan hasil belajar perserta didik dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan empat tahapan yaitu: tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap penyebaran (Disseminate). Namun, peneliti akan menggunakan model 4D hanya sampai dengan tahapan pengembangan. Subjek uji coba adalah 24 siswa kelas IV SDN 2 Turen.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik pada pembelajaran IPA berbasis masalah dengan menggunakan model 4D dinyatakan bahwa Hasil penelitian ini adalah memperoleh skor 88,6% dengan kategori efektif.Berdasarkan paparan hasil penilaian Lembar Kerja Peserta Didik diatas dapat dikategorikan “ Sangat Layak” dan “ Sangat Baik” digunakan dilapangan. Hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pembelajaran IPA berbasis masalah mampu digunakan sebagai referensi guru sebagai bahan ajar pendamping saat proses pembelajaran.
21344406/SB/2022 | KKI 372 CAH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain