Electronic Resource
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik
Pembelajaran tematik di kelas IV SDN Bandungrejosari 1 Malang dilaksanakan melalui sistem pembelajaran Blended Learning yang menuntut pendidik untuk kreatif dalam menyampaikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 1 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design, menggunakan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Instrumen berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media audio visual (X1) dengan model pembelajaran Problem Solving berbantuan media audio visual (X2) memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini didukung dengan nilai sig t hitung < 0.05 yakni 0.003 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut didukung dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 88,15 dan kelas kontrol yaitu 78,46. Hal ini menjelaskan bahwa model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media audio visual dapat dijadikan salah satu alternative model dan media yang dapat diterapkan untuk membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
21344403/SB/2022 | KKI 372 EMA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain