Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Catur Saku Terhadap Minat Belajar Siswa Di SDN Bakalan Krajan 2 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan media catur saku terhadap minat belajar siswa. Pendekatan yang digunakan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Sampel penelitian dengan siswa kelas III A sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa dan kelas III B sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian berupa nontes yaitu angket minat belajar. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menggunakan uji hipotesis uji-t dengan taraf signifikasi 5% dengan bantuan SPSS Versi 22.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004. Nilai tersebut < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Halini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan media catur saku terhadap minat belajar siswa kelas III di SDN Bakalan Krajan 2 Malang. Model pembelajaran SAVI dapat membantu siswa melibatkan seluruh tubuh dan pikiran dengan bantuan media catur saku. Kelebihan model pembelajaran SAVI berbantuan media catur saku karena dipadukan dalam permainan dan juga melibatkan semua panca indera serta kemampuan berfikir dapat membuat siswa belajar dengan cara yang menyenangkan.
21344401/SB/2022 | KKI 372 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain