Electronic Resource
Pengembangan Modul IPS Berbasis Elektronik Materi Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku Kelas IV SD
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang di dalamnya memuat banyak materi mengenai kehidupan sosial di masyarakat, seperti halnya materi keberagaman yang terdapat pada modul IPS. Pada proses pembelajaran tidak semua sekolah ketika pembelajaran menggunakan bahan ajar modul. Rata-rata mereka masih menggunakan bahan ajar yang seadanya yaitu LKPD dan Buku Tema saja tanpa adanya pengembangan. Sehingga mengakibatkan siswa kurang antusias untuk belajar. Dibutuhkannya bahan ajar elektronik yang menarik, mudah digunakan dan inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam masa pandemi covid19 ini guna membantu siswa untuk belajar dengan lebih mudah tanpa bantuan guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa memahami materi dan mampu menjawab pertanyaan yang disajikan di dalam modul elektronik materi indahnya keragaman budaya negeriku dengan mudah. Pengembangan modul ini bisa membantu guru agar memiliki inovasi yang baru untuk pembelajaran yang dilakukan kepada siswa agar tidak menggunakan bahan ajar LKPD dan Buku Tema saja. Jadi ada inovasi baru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa agar siswa tidak bosan dan mudah memahami pelajaran terutama pada masa pandemi covid19 yang ada saat ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diambil dari hasil skor angket yang diberikan kepada subjek penelitian. Sedangkan data kualitatif diambil dari angket yang diberikan kepada subjek penelitain berupa saran dan kritik.
Berdasarkan hasil penelitian segi kelayakan (modul layak digunakan) mendapat skor dengan rata-rata dari ahli materi yaitu 90,62%, kemudian ahli bahasa 91,25%, selanjutnya ahli media 88%. Dari segi kepraktisan (modul praktis digunakan) mendapat skor dari respon guru yaitu 93,73%, selanjutnya respon siswa 76,5%. Pada segi keefektifan (modul berhasil digunakan) mendapat skor dari hasil belajar siswa 83,6%. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan Modul IPS Berbasis elektronik materi Indahnya Keragaman Budaya Negeriku memenuhi kriteria sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif. Jadi modul elektronik ini pada penelitian dapat memberi manfaat kepada guru dan siswa dan bagi peneliti yang dapat digunakan sebagai referensi selanjutnya.
21344395/SB/2022 | KKI 372 SAF p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain