Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran High Stage Game Story Of Indonesia Kingdom Untuk Siswa Sekolah Dasar
Pengembangan Media Pembelajaran High Stage Game Story Of Indonesian Kingdom mengembangkan aplikasi berupa game edukasi yang berfungsi membantu guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran IPS tentang sejarah Indonesia, tujuan dalam penelitian ini adalah 1) menjelaskan pengembangan aplikasi game edukasi High Stage Story Of Indonesian Kingdom Untuk Siswa Sekolah Dasar, 2) menjelaskan respon siswa terhadap aplikasi game edukasi High Stage Story Of Indonesian Kingdom Untuk Siswa Sekolah Dasar, 3) menjelaskan kepraktisan aplikasi game edukasi High Stage Story Of Indonesian Kingdom Untuk Siswa Sekolah Dasar.
Metode menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 4 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan,implementasi. Media telah divalidasi oleh 3 dosen ahli, ahli materi, ahli bahasa, ahli media dan 1 guru kelas dan di uji cobakan pada siswa siswi kelas 4 SD. Tehnik analysis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pada media pembelajaran edukasi High Stage Game Story Of Indonesian Kingdom menggunakan instrument pengumpulan data angket.
Hasil penelitian menunjukkan game edukasi High Stage Story Of Indonesian Kingdom dengan hasil validasi media memperoleh 91% dengan kategori layak, hasil validasi materi memperoleh skor 75% dengan kategori layak, hasil validasi bahasa memperoleh 84% dengan kategori layak. Hasil validasi kepraktisan guru memperoleh 87% dengan kategori sangat baik, hasil respon siswa memperoleh 88% dengan kategori sangat menarik. Aplikasi game edukasi High Stage Story Of Indonesian Kingdom dapat digunakan guru sebagai penunjang proses belajar mengajar, dan membantu siswa untuk belajar lebih menyenangkan yang tidak hanya bersumber dari buku sekolah. Memberikan referensi bagi peneliti lain dalam mengembangkan game edukasi yang menarik dan praktif.
21344390/SB/2022 | KKI 372 PAM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain