Electronic Resource
Pengembangan LKPD Interaktif Materi Gaya Dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan produk LKPD interaktif gaya dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas IV Sekolah Dasar, (2) mengetahui kevalidan produk LKPD interaktif gaya dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas IV Sekolah Dasar, (3) mengetahui kepraktisan produk LKPD Interaktif gaya dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas IV Sekolah Dasar, (4) mengetahui keefektifan LKPD Interaktif gaya dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE, yaitu tahap analysis (analisis), Design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Pengembangan ini dinilai oleh ahli materi, yaitu dosen yang ahli dibidang materi IPA, ahli media yaitu dosen yang ahli dibidang media dan ahli Bahasa, yaitu dosen yang ahli dibidang Bahasa, guru kelas IV, serta direspon oleh siswa kelas IV SDN 02 Jatikerto dalam uji coba terbatas dan uji coba lapangan pada materi gaya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil pengembangan ini didapatkan dari hasil penilaian uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian menurut ahli materi adalah sangat baik dengan nilai rata-rata presentase 85%, berdasarkan ahli Bahasa adalah sangat baik dengan nilai rata-rata presentase 96%, berdasarkan ahli media adalah sangat baik dengan nilai rata-rata presentase 93%, berdasarkan guru kelas IV adalah sangat baik dengan nilai rata-rat presentase 95%, berdasarkan uji coba terbatas siswa kelas IV SDN 02 Jatikerto adalah sangat baik dengan nilai rata-rata presentase 88,33%, dan berdasarkan hasil uji coba lapangan pada siswa kelas IV SDN 02 Jatikerto adalah sangat baik dengan nilai rata-rata 89,77%. Dengan demikian, LKPD Interaktif ini layak digunakan dalam pembelajaran daring materi gaya dalam kehidupan seharihari kelas IV SD dan praktis dalam penggunaanya untuk pembelajaran daring siswa kelas IV SDN 02 Jatikerto. Berdasarkan keefektifan dan kepraktisan penggunaan LKPD Interaktif, diharapkan siswa atau pengguna LKPD Interaktif dapat belajar secara mandiri pada pembelajaran daring materi gaya dalam kehidupan sehari-hari.
21344388/SB/2022 | KKI 372 FEN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain