Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Dongeng Bergambar Untuk Keterampilan Berbahasa Reseptif Berbasis Articulate Storyline Pada Siswa Kelas IV
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi dongeng serta mengetahui strategi, tingkat kelayakan, kepraktisan, dan keefektifannya dalam pembelajaran di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan strategi ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation yang dilaksanakan di SDN 01 Bantur. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket validasi kepada validator ahli yakni ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi untuk menilai kelayakan media pembelajaran. Penilaian kepraktisan dengan pemberian angket kepada guru dan siswa. Media pembelajaran diujicobakan terbatas kepada 20 siswa kelas IV SDN 01 Bantur dengan memberikan soal pretest dan posttest untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan media pembelajaran dongeng bergambar untuk meningkatkan keterampilan berbahasa reseptif bebasis Articulate Storyline dengan uji kelayakan diperoleh kategori “Sangat Layak” digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SDN 01 Bantur; (2) Uji kepraktisan media pembelajaran diperoleh kategori “Sangat Praktis” digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SDN 01 Bantur; (3) Uji keefektifan media pembelajaran dengan mengetahui hasil pretest dan posttest siswa menggunakan uji Paired Sample T test dan Uji N-Gain Score. Pada uji Paired Sample T test didapatkan keputusan pada uji normalitas data yang didistribusi terbukti dengan kategori “Normal”, uji homogenitas diperoleh bukti data dengan kategori “Homogen”, serta pada uji Paired Sample T test didapatkan nilai pretest dan posttest siswa terbukti adanya pengaruh perbedaan perlakuan sebelum dan sesudah memakai media pembelajaran. Uji N-Gain didapatkan hasil dengan kategori “Cukup Efektif” digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa reseptif siswa pada kelas IV. Peneliti berharap adanya pengembangan media pembelajaran ini dapat dijadikan pengalaman belajar baru bagi guru dan siswa.
21344386/SB/2022 | KKI 372 RAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain