Electronic Resource
Pemgembangan LKPD Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Mergosono 1 Malang
Pendidikan adalah aspek penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan generasi bangsa. Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 merupakan tantangan baru dalam pelaksanaan pembelajaran saat ini. Inovasi- inovasi baru perlu diterapkan dalam pembelajaran pada masa pandemi covid 19. Salah satu inovasi yang perlu dilakukan saat ini adalah dengan melakukan pengembangan bahan ajar yang mampu mendorong pembelajaran. Bahan ajar yang akan dikembangkan adalah LKPD berbasis proyek. LKPD ini menggunakan pendekatan berbasis proyek karena LKPD berbasis proyek dengan pembelajaran Kurikulum 2013. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah membuat LKPD berbasis pendekatan berbasis proyek yang diterapkan pada materi aku bangga terhadap daerah tempat tinggalku kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar berupa LKPD yang dikembangkan demi memenuhi tersedianya bahan ajar yang dapat membantu siswa untuk belajar dengan bimbingan guru ataupun secara mandiri. Model penelitian ini merupakan model penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) yang menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan (Dalam Trianto, 2015), yaitu tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) dan Penyebaran (Disseminate) . Hasil penelitian kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan merujuk pada instrumen validasi, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil analisis kelayakan terdiri menjadi analisis ahli materi 86,5%, ahli bahasa 88,8%, ahli ahli media 91,6%. Hasil uji kepraktisan 93,5%. Hasil uji keefektifan 81,76%. Persentase pencapai dari hasil validasi tersebut menunjukan bahwa LKPD berbasis proyek sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan.
21344383/SB/2022 | KKI 372 TES p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain