Electronic Resource
Pengembangan Modul Berbasis Digital Dalam Menananmkan Nilai-Nilai Karakter Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Modul berbasis digital merupakan salah satu media pembelajaran yang dirancang khusus dalam bentuk digital sehingga dalam penggunaanya harus menggunakan internet. Kelebihan dari modul berbasis digital dibandingkan dengan modul secara umum adalah dapat dilihat dari segi penggunaannya dan cakupan yang ada didalam modul. Modul ini dapat membantu pembelajaran saat ini yang dilakukan secara online dikarenakan kurang menunjangnya modul yang menarik atau masih menggunakan modul dalam bentuk cetak, dimana yang masih belum menjangkau seluruh siswa. Penelitian ini menggunakan microsoft word sebagai rancangan awal, kemudian modul didesain kembali pada aplikasi book creator untuk menambahkan audio dan video pembelajaran. Tujuan daripenelitian ini untuk mengetahui proses kelayakan, kefektifan, dan kepraktisanmodul berbasis digital dalam menanamkan nilai-nilai karakter Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap yang meliputi: tahap 1 Analysis, tahap 2 Design, tahap 3 Development, tahap 4 Implementation, dan tahap 5 Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket dimana tes ditujukan kepada siswa dan angket di tujukan kepada validator dan praktisi. Sehingga data yang didapatkan dari siswa dan guru (sebagai praktisi), dan ahli validator yang meliputi ahli materi,ahli bahasa dan ahli desain. Siswa yang digunakan pada penelitian sejumlah 13 siswa di kelas IV. Hasil penelitian kelayakan modul berbasis digital dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa kelas IV pada Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 oleh ahli validasi diperoleh hasil ahli bahasa 94,12 %, ahli materi 94,64 %, dan ahli desain 88,16%. Penilaian kepraktisan modul berbasis digital diperoleh 97,1 % dari guru dengan kategori sangat baik dan oleh siswa 93,4 % dengan kategori sangat baik. Hasil tes siswa mencapai rata-rata 89,4618 sehingga modul berbasis digital dapat dikatakan efektif. Berdasarkan pernyataan tersebut menunjukkan bahwa modul berbasis digital dalam menanamkan nilai-nilai karakter dapat membantu proses pembelajaran pada saat pandemi. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu guru dapat mengembangkan bahan ajar digital sebagai pendamping bahan ajar siswa yang di terbitkan dari kemendikbud.
21344380/SB/2022 | KKI 372 ALF p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain