Electronic Resource
Pengembangan Media Vidieo Pembelajaran Animasi Ips Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Untuk Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar
Video animasi merupakan salah satu media yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pada pembelajaran. Penyebab kurang menariknya media mengakibatkan pembelajaran kurang sesuai dengan kebutuhan siswa. Video pembelajaran animasi berbasis Adobe Flash CS6 bertujuan untuk menunjang kegiatan pembelajaran pada pelajaran IPS SD, khususnya materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kelayakan dari media video pembelajaran animasi berbasis Adobe Flash CS6, 2) mendeskripsikan kepraktisan dari media video pembelajaran animasi berbasis Adobe Flash CS6, 3) dan mengetahui keefektifan pada media video pembelajaran animasi berbasis Adobe Flash CS6 yang dikembangkan.
Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE dengan lima tahap yakni: Analysis, Development, Desaign, Implementation, dan Evaluation. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDK Marga Bhakti Malang. Instrumen yang digunakan lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli Bahasa, angket guru dan kemudian diujicobakan kepada siswa kelas IV SDK Marga Bhakti sebanyak 10 orang. Teknik analisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian media video pembelajaran animasi berbasis Adobe Flash CS6 SDK Marga Bhakti dinyatakan layak dengan menggunakan angket validasi dilakukan oleh validator ahli media memperoleh rata-rata 97% dengan kriteria sangat layak dari validator ahli materi memperoleh rata-rata 92% dengan kriteria sangat layak dan dari validator Bahasa memperoleh rata-rata 92% dengan kriteria sangat layak. Aspek kepraktisan dengan rata-rata presentase angket respon guru sebesar 91% dan angket respon siswa sebesar 92% kriteria sangat praktis dan aspek keefektifan dengan rata-rata nilai yang diperoleh dari hasil pree test dan post test yang digunakan menggunakan uji N-Gain dengan nilai rata-rata 83 dengan kriteria tinggi. Dengan demikian video pembelajaran animasi yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini ialah agar guru memanfaatkan video pembelajaran animasi yang dikembangkan dalam proses kegiatan pembelajaran.
21344377/SB/2022 | KKI 372 NAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain