Electronic Resource
Pengembangan Video Ice Breaking Berbasis 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) Pada Pembelajaran Tematik Di MI Muta Alimin
Permasalahan yang terdapat di MI Muta’alimin guru sudah melakukan persiapan untuk melakukan pembelajaran dengan baik supaya tercapai tujuan pembelajarannya. Namun, masih terdapat siswa yang mengantuk, ramai sendiri dan merasa bosan disela-sela pembelajaran.Dikarenakan guru jarang sekali melaksanakan ice breaking disela-sela pembelajaran.Hal ini yang menyebabkan siswa menjadi kurang konsentrasi dan cepat bosan pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perkembangan, kelayakan dan kepraktisan dalam Video Ice Breaking berbasih 3N (Niteni,Nirokke,Nambahi). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan pertama yaitu Analysis yang dilakukan di MI Muta’alimin adalah menganalisis kelayakan dan syarat-syarat pengembangan video serta melakukan wawancara. Tahapan kedua yaitu Design yakni peneliti merancang sebuah gerakan yang akan di tayangkan dalam bentuk video. Tahapan ketiga yaitu Development peneliti meminta saran kepada dosen pembimbing serta tanggapan dari para ahli yaitu; ahli media sebelum peneliti mengimplementasikan produk yang dikembangkan. Tahapan keempat yaitu Implementations peneliti melakulan uji coba video ice breaking.Tahap uji coba dilakukan di Mi Muta’alimin kelas III. Tahapan ke lima yaitu Evaluations Pada tahap ini peneliti tidak melakukan evaluasi karena keterbatasan waktu. Jenis data dalam pengembangan Video Ice Breaking Berbasis 3N ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif Hasil penelitian yang diperoleh dari uji kelayakan rata-rata persentase sebesar 94%, dari dosen ahli media . Uji kepraktisan diperoleh 96% dari guru 92%. Sehingga video ice breaking ini sudah dikatakan layak dan bisa diterapkan dipeserta didik kelas III.
21344373/SB/2022 | KKI 372 RID p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain