Electronic Resource
Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Siswa Belajar Dari Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19 Di SDN TanjungRejo 4 Malang
Sejak munculnya Pandemi-COVID 19, pembelajaran tidak lagi dilaksanakan di kelas, melainkan harus dilaksanakan di rumah. Dengan adanya perubahan ini, maka peran orang tua menjadi sangat penting. Hal ini dialami juga oleh orang tua siswa di SDN Tanjungrejo 4 Malang. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua peran orang tua dalam mendampingi siswa belajar dari rumah selama masa Pandemi COVID-19 di SDN Tanjungrejo 4 Malang. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, di mana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian lebih menekankan makna daripada generalisasi. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket kepada siswa dan orang tua siswa SDN Tanjungrejo 4 Malang, serta wawancara dengan guru dan kepala sekolah SDN Tanjungrejo 4 Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua siswa SDN Tanjungrejo 4 Malang berperan sangat baik dalam hal memastikan tempat dan fasilitas belajar nyaman dan mendorong keaktifan selama proses pembelajaran; baik dalam hal berkomunikasi dengan pihak sekolah, berdiskusi dengan guru sesuai kondisi anak, menyiapkan kesiapan perangkat pembelajaran anak, memastikan kesiapan mengikuti pembelajaran, mendukung proses pembelajaran dari rumah, dan pemantauan belajar harian; dan cukup berperan dalam hal mengumpulkan lembar aktivitas dan penugasan sesuai dengan waktu yang disepakati.
21344365/SB/2022 | KKI 372 JAN a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain