Electronic Resource
Analisis Karakter Mandiri Siswa Pada Pembelajaran Daring Kelas 3 SD Negeri 2 Sumbersuko
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana karakter mandiri siswa pada pembelajaran daring kelas 3 di SD Negeri 2 Sumbersuko, 2) Bagaimana peran guru terhadap karakter mandiri siswa kelas 3 di SD Negeri 2 Sumbersuko, dan 3) Bagaimana peran orang tua terhadap karakter mandiri siswa kelas 3 di SD Negeri 2 Sumbersuko. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, berupa uraian-uraian yang menjelaskan secara mendalam tentang suatu fakta, realita atau peristiwa yang digali secara mendalam dan tidak terbatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara teknik analisis data menggunakan triangulasi sata yaitu Reduksi, Display, dan Verifikasi Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah menunjukkan karakter mandiri siswa pada pembelajaran daring kelas III di SD Negeri 2 Sumbersuko dengan kegiatan mandiri siswa dalam sehari-hari seperti mengerjakan tugas sendiri, dan sarapan sendiri. Karakter mandiri siswa memerlukan peran guru dalam proses belajara seperti guru membuat RPP yang mencantumkan karakter mandiri. Serta guru selalu memperingatkan kepada siswa untuk mengerjakan sendiri tugas yang diberikan. Selain itu dalam menanamkan karakter mandiri siswa juga membutuhkan peran penting dalam pembelajaran daring dengan dibiasakan dalam pegembangan diri meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan dan pengondisian pada kegiatan sehari-hari siswa dirumah. Sehingga penelitian ini diteliti bertujuan untuk mengetahui karakter mandiri siswa pada saat pembelajaran daring.
21344358/SB/2022 | KKI 372 SAR a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain