Electronic Resource
Peran Guru Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Wagir
Peran guru mata pelajaran PPKn mempunyai misi dan tujuan strategis dalam menumbuhkan sikap nasionalisme pada siswa. Peranan PPKn juga sebagai upaya untuk membina siswa menjadi anggota masyarakat yang demokratis dan sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Dalam penelitian ini proses pembelajaran PPKn di SMP PGRI 1 Wagir menggunakan beberapa metode diantaranya: metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan metode pemberian tugas. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan sikap nasionalisme pada siswa kelas V11 SMP PGRI 1 Wagir. Dengan adanya penelitian ini agar siswa dapat menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme, seperti kejujuran, kedisiplinan, keagamaan, kesatuan dan kesamaan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data diolah dan dipaparkan secara sistematis, sehingga teknik analisisnya deskriptif kualitatif. Dalam hal ini adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PPKn dalam menumbuhkan sikap nasionalisme pada siswa kelas V11 SMP PGRI 1 Wagir, diantaranya lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan pergaulan. Berdasarkan hasil penelitian, peran guru PPKn dalam menumbuhkan sikap nasionalisme pada siswa kelas V11 SMP PGRI 1 Wagir melalui proses pembelajaran di kelas maupun diluar kelas sangatlah penting, dimana seorang guru PPKn akan mampu melakukan kewajiban dan tanggung jawabnya apabila guru tersebut telah terlebih dahulu menguasai dan mampu menerapkan perilaku positif pada dirinya sendiri sehingga bisa menjadi panutan bagi anak didiknya.
21344356/SB/2022 | KKI 371.114 GOO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain