Electronic Resource
Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Wadhifah Amaliyah ( Studi Deksriptif di PAUD al Fithrah Kabupaten Malang)
Rangsangan pendidikan pada anak usia dini dilakukan oleh setiap lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) demi melahirkan generasi yang berakhlaq dan berilmu. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan aspek Nilai Agama dan Moral (NAM) melalui metode pembiasaan. Sehingga melalui metode pembelajaran tersebut anak tidak perlu harus memahami suatu hal secara teoritis, namun dapat dilakukan langsung secara praktis.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020 sampai dengan Januari 2021 di PAUD Al Fithrah Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif dengan judul “Manajemen Penyelenggaraan Anak Usia Dini Berbasis Wadhifah Amaliyah (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD Al Fithrah Kabupaten Malang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengelolaan lembaga PAUD berbasis pondok pesantren dan keunikan program pembelajaran pada siswa PAUD di dalam lembaga PAUD Al Fithrah ini yang dinamakan dengan Wadhifah Amaliyah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah salah satu lembaga PAUD di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang yaitu bernama PAUD Al Fithrah. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian, maka ada beberapa hasil yang didapat oleh
peneliti diantaranya: PAUD Al Fithrah merupakan satu-satunya lembaga PAUD di Kecamatan Kepanjen yang mempunyai kegiatan rutin keagamaan dimana siswanya
diberikan pembelajaran pembiasaan membaca Istigosah, Iklil/Tahlil, Maulid Nabi Muhammad SAW yang dinamakan dengan kegiatan Wadhifah Amaliyah. Kegiatan
ini berhasil menstimulasi perkembangan aspek Nilai Agama dan Moral siswa PAUD Al Fithrah dengan baik. Yang kedua, sistem manajemen lembaga yang ada di dalam PAUD Al Fithrah meliputi manajemen kegiatan pembelajaran, kesiswaan, kepegawaian, sarana dan prasarana, keuangan, dan humas yang mempunyai tata kelola yang unik dibandingkan dengan lembaga PAUD yang lain di Kecamatan Kepanjen yang mana di setiap jenis manajemen lembaga tersebut berorientasi pada Wadhifah Amaliyah. Hubungan lembaga dengan orang tua lebih difokuskan pada kegiatan kepondokan. Semua manajemen lembaga tersebut di atas menjadi keunikan tersendiri dibandingkan dengan lembaga PAUD yang lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa manajemen lembaga PAUD yang dirancang dengan baik dan sistematis akan berdampak pada mutu pendidikan lembaga tersebut khususnya dalam hal manajemen pengelolaan pembelajaran. Dengan adanya kegiatan Wadhifah Amaliyah di PAUD Al Fithrah dapat menstimulasi perkembangan Nilai Agama dan Moral anak usia dini serta dapat digunakan sebagai bekal di pendidikan mereka selanjutnya.
21344337/SB/2022 | KKI 372 EST m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain