Electronic Resource
Kemampuan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Daring Dan Luring Siswa Kelas x Di SMA NEGERI 1 SUMBERMANJING Tahun 2020-2021
Pembelajaran daring merupakan alternatif pembelajaran yang memanfaatkan jaringan berbasis internet. Peneliti ingin mengetahui perbedaan kemampuan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring dan luring di era pandemi ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ex post facto yaitu penelitian yang berusaha untuk mengetahui penyebab atau alasan perbedaan terhadap prilaku atau status kelompok individu, termasuk pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sumbermanjing Yang terdiri dari 10 peserta sebagai sampel. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes dengan penyebaran kuesioner dan mereduksi data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa siswa yang melaksanakan pembelajaran luring memiliki nilai rata-rata 76,4 sedangkan siswa yang melaksanakan pembelajaran daring memperoleh rata-rata 68,9 Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa yang mengikuti pembelajaran Luring lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran daring, setelah diuji komparasi diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dalam pembelajaran daring dan luring mata pelajaran bahasa indonesia, dapat dilihat dari uji t bahwa t hit = 4,951, dan t tabel = 2,1009 untuk taraf signifikan 5% dan 2,552 untuk taraf 1%. Dengan demikian t hitung lebih tinggi dari t tabel. Ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan hasil belajar mata pelajaran bahasa indonesia dalam pembelajaran daring dan luring Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sumbermanjing Tahun 2020-2021. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua kalangan terutama bagi pendidik, murid dan penelitilain, bagi pendidik diharapkan penelitian ini agar diterapkan untuk mengetahui kemampuan murid, bagi siswa penelitian ini dapat dijadikan sebuah sumber informasi bahwa pentingnya meningkatkan kemampuan hasil belajar dengan menggunakan metode apapun. bagi peneliti lanjut, agar penelitian ini dapat dijadikan rujukan dan bahan referensi penelitian selanjutnya agar dapat dikembangkan lagi.
21344334/SB/2022 | KKI 410 AIS k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain