Electronic Resource
Pengembangan Permainan Patepin Untuk Meningkatkan Keseimbangan Pada Anak Kelompok B Di TK Kabupaten Malang
Kemampuan keseimbangan anak merupakan aspek yang penting untuk dikembangkan dan diberi stimulasi sejak anak usia dini. Oleh karena itu perlu adanya kegiatan permainan yang dapat menunjang perkembangan fisik anak. Salah satunya permainan PATEPIN yang merupakan suatu permainan yang dapat membantu melatih keseimbangan anak secara optimal.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan permainan PATEPIN yang layak digunakan untuk mengembangkan kemampuan keseimbangan pada anak kelompok B di TK Muslimat NU 9 Dewi Masyithoh Desa Pandanmulyo Kabupaten Malang.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Prosedur pengembangan terdiri dari 9 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain
produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, catatan anekdot, dan dokumentasi sebagai bukti keterlaksanaan serta aktivitas anak. Teknik analisis data menggunakan skala Guttman (deskriptif) dengan presentase tabel kriteria tingkat kelayakan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuji dengan beberapa tahap yaitu tahap validasi ahli materi, validasi ahli media dalam permainan, uji coba lapangan utama, serta uji coba lapangan operasional dan memperoleh hasil yaitu, hasil presentase dari validasi ahli materi 88,15%, validasi ahli media dalam permainan 96,87%, sedangkan pada uji coba lapangan 92,18% dan 94,56% yang semua itu dalam kategori “sangat layak”. Hasil tersebut menunjukan bahwa permainan PATEPIN layak digunakan, sehingga dapat dikatakan kegiatan permainan PATEPIN dapat mengembangkan keseimbangan anak.
Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan PATEPIN sudah layak dan sangat baik digunakan untuk perkembangan keseimbangan kelompok B. Penelitian ini dapat menjadi masukan dan bahan pertimbangan guru dalam mengajar pembelajaran aspek perkembangan keseimbangan anak dan sebagai bahan untuk meneliti lebih lanjut mengenai permainan PATEPIN untuk aspek perkembangan lainnya.
21344332/SB/2022 | KKI 372 SER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain